4 Langkah Penting Sebelum Membuat Website

August 6, 2018 / Imajiner /

Langkah penting membuat website

Seiring dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi dan internet, kita semakin paham betapa besar pengaruh dunia online terhadap bisnis dan karir kita.

Banyak orang membuat website, dengan harapan dapat meningkatkan profit maupun popularitas dengan pesat.

Mereka dengan antusiasme tinggi membuat website dan berharap goals mereka segera terwujud.

Mereka menunggu dan menunggu.

Ternyata kenyataan berkata lain,, website mereka sepi-sepi saja.

Kemudian mereka menyerah dan berpikir, “ternyata website tidak cocok buat saya”

Penyebab Website Tidak Bekerja Optimal

Apakah cerita tersebut cukup familiar buat Anda?

Pertanyaannya sekarang..

Mengapa hal tersebut terjadi? Mengapa ada website yang sepi sedangkan ada pula website dengan tema serupa yang sukses dan sangat ramai?

Jawabannya adalah kurang perencanaan.

Anda tentu tidak ingin kejadian serupa terjadi pada Anda.

Jika Anda ingin membuat website yang outstanding dan berfungsi dengan optimal, kami sarankan Anda mengikuti 4 langkah berikut ini.

 

Langkah 1 : Penetapan tujuan

Banyak orang dan unit bisnis membuat website dengan alasan kompetitor dan orang lain sudah punya.

Website memang sifatnya sangat penting.

Tapi Anda tidak boleh hanya sekedar mengikuti tren tanpa berpikir lebih jauh.

Anda perlu membuat mission statement atau menetapkan tujuan utama.

Dengan kata lain, apa goals Anda dalam membuat website?

Apakah Anda ingin menggunakannya sebagai media untuk mencari sumber pendapatan?

Apakah Anda ingin menarik customer baru?

Ataukah Anda sudah punya existing customer dan berniat mengubahnya menjadi customer yang loyal?

Apakah Anda punya toko fisik?

Dan sebagainya..

 

Goal yang berbeda akan membutuhkan strategi yang berbeda pula.

Sesuaikan kembali dengan bidang bisnis atau profesi yang Anda geluti.

Penetapan tujuan akan berdampak besar terhadap desain dan sistem website yang Anda inginkan.

Ingat,

Anda ingin website yang berfungsi dengan baik. Bukan website yang asal jadi saja.

Oleh karena itu, langkah pertama ini sangatlah krusial dan perlu Anda deklarasikan sejelas-jelasnya.

 

Bagaimana jika Anda punya lebih dari satu goal yang berbeda?

Anda perlu menyusun skala prioritas.

Pastikan website Anda selaras dengan goal yang paling utama.

Kemudian website dapat disesuaikan untuk goal-goal selanjutnya selama tidak mengganggu performansi untuk goal utama.

Alternatif lain, Anda dapat membuat website tambahan sekiranya goal yang lain cukup berbeda, namun penting bagi Anda.

 

Langkah 2 : Pemberian nuansa

Dalam kafe kita mengenal istilah ambience, artinya kurang lebih nuansa atau atmosfer yang ingin diberikan kepada pengunjung.

Anda pun perlu melakukan hal yang sama terhadap website Anda.

Tujuannya adalah untuk menguatkan identitas / brand Anda dan memberikan kesan yang baik kepada pengunjung website Anda.

Nuansa ini masih berkaitan erat dengan penetapan tujuan yang sudah ditetapkan pada poin no. 1.

 

Anda ingin membuat website yang ditujukan untuk anak-anak?

Anda sebaiknya memilih website dengan nuansa fun, berwarna-warni.

Anda ingin membuat website tentang jasa konsultan professional?

Website dibuat elegan dan seprofesional mungkin agar memberikan rasa trust kepada para pengunjung.

Nuansa ini diberikan lewat perpaduan warna, font, gambar, dan layout yang selaras dengan logo / identitas yang Anda miliki.

 

Website ini sangat menggambarkan semangat dan brand coca-cola

 

Langkah 3 : Analisa biaya, waktu, dan kapabilitas

Pada langkah ini Anda perlu menganalisa resource atau sumber daya yang siap Anda luangkan untuk membuat website. Anda perlu menganalisa 3 jenis resource, yaitu

  • Berapa budget yang Anda alokasikan untuk membuat website?
  • Berapa waktu yang akan Anda luangkan dalam proses pembuatan website?
  • Seberapa kuat skill dan pengetahuan Anda dalam proses pembuatan website?

Dari ketiga point tersebut Anda dapat memutuskan apakah website akan Anda kerjakan sendiri atau Anda percayakan kepada ahlinya.

Apabila Anda tidak punya waktu dan pengetahuan yang cukup, kami sangat tidak menyarankan Anda untuk mengerjakan website sendiri.

 

Langkah 4 : Analisa proses maintain website

Banyak orang berpikir tugas mereka selesai saat website selesai dibuat.

Kenyataannya tidak.

Website perlu dimaintain setiap waktu dan menjadi pekerjaan rutin Anda atau tim Anda.

Anda perlu mengupdate produk, berita, blog post, dan hal lainnya untuk menjaga website tetap “hidup”.

Tidak jauh berbeda dengan social media, Anda perlu mem-posting secara berkala untuk memberitahu audiens bahwa Anda masih “eksis”.

Sangat penting untuk selalu berhubungan dan menjaga perhatian audiens Anda.

Anda lama tidak posting, maka orang akan lupa dengan Anda.

Untuk itu, Anda perlu memastikan website yang ingin Anda buat dapat mengakomodasi kebutuhan ini dengan mudah, cepat, dan efisien.

Bayangkan apabila Anda harus melewati proses rumit dan meluangkan waktu berjam-jam setiap kali hendak melakukan update.

Sangat merepotkan.

Pastikan hal ini tidak lolos dari perencanaan Anda.

 

Penutup

Setelah Anda menyelesaikan keempat tahap perencanaan dengan mantap, maka Anda dapat memulai membuat website.

Apakah setelah membuat perencanaan yang mantap, membuat website dengan baik, dan maintain secara rutin, website Anda akan ramai dikunjungi?

Jawabannya belum tentu.

Yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah mendatangkan traffic ke website Anda.

more traffic = more profit

Topik ini akan Imajiner bahas secara detail pada post berikutnya.

Penasaran? Stay tune!

 

Baca Juga : Kunci Sukses Mendatangkan Traffic ke Website Anda

Like this post? Please share it, thank you :)

Leave a Comment





CREATE YOUR WEB

Website yang dirancang dengan baik akan membantu Anda dalam mencapai goals yang diinginkan. Coba gratis sekarang juga!

SUDAH PUNYA WEB?

Apakah Anda tahu seberapa baik website Anda bekerja? Dapatkan analisa gratis website Anda.

1
Hi, selamat datang di Imajiner, tempat penyedia website custom terbaik.
Klik icon di bawah untuk berbicara dengan kami via WhatsApp.
Powered by