Kunci Sukses Meningkatkan Traffic Website

August 7, 2018 / Imajiner /

Meningkatkan Traffic

Apa itu traffic?

Dalam website kita mengenal istilah traffic, yang artinya adalah lalu lintas keluar masuk pengunjung Anda.

Traffic seperti oksigen untuk web Anda, tanpa traffic website Anda akan “mati”.

 

Anda ingin menjual produk atau jasa di website Anda?

Anda perlu mengubah traffic Anda dari pengunjung menjadi pembeli.

Anda ingin menjadi blogger terkenal?

Anda perlu mendatangkan banyak pengunjung yang menyukai tulisan Anda, membagikan informasi mengenai Anda, dan membuat Anda menjadi viral.

Tidak peduli apapun jenis dan goal website Anda, Anda akan butuh traffic.

Mungkin suatu bisnis butuh traffic dengan jumlah besar untuk survive.

Bisnis lain mungkin hanya butuh traffic kecil.

Namun pada intinya semua jenis website butuh traffic.

Mendatangkan Traffic Tidaklah Mudah

Banyak pemilik website diam secara pasif berharap pengunjung akan datang.

Pada kenyataannya, website mereka akan sepi-sepi saja.

Ingat, orang tidak secara tiba-tiba mendatangi web Anda.

Anda butuh strategi untuk mendatangkan traffic.

Ibaratnya seperti ini, Anda membangun sebuah toko (secara fisik) di daerah terpencil, lalu Anda menunggu secara pasif berharap suatu hari ada pembeli yang datang.

Mungkinkah terjadi?

Bisa saja, tapi kemungkinannya kecil.

Tahukah Anda bahwa di dunia ini ada lebih dari 1,5 milyar website?

Apakah Anda lebih memilih berserah pada nasib?

Atau Anda akan lebih memilih mendatangkan traffic lewat kerja keras?

Jika Anda sampai membaca post ini pasti Anda seorang pekerja keras, oleh karena itu Imajiner akan membagikan kunci sukses meningkatkan traffic yang luar biasa bagi website Anda!

 

Berikan value kepada pengunjung Anda

Orang tidak akan tertarik untuk menghabiskan waktunya di website Anda, kecuali Anda punya alasan kuat yang membuat mereka betah.

Kunci utama untuk membuat pengunjung Anda betah adalah value.

Anda perlu memberikan value atau manfaat kepada pengunjung Anda.

Buatlah konten yang menarik dan berkualitas.

Konten tersebut bisa berupa tulisan, gambar, maupun video.

Anda publikasikan konten tersebut di blog Anda.

Apabila konten Anda bermanfaat, besar kemungkinan pengunjung Anda akan datang kembali di kemudian hari.

Tidak hanya itu, mereka mungkin juga melakukan share post atau memberitahukan kenalannya mengenai website Anda.

Siapa tahu website Anda mendadak kebanjiran pengunjung.

Nice right?

 

Buat website Anda mudah ditemukan Search Engine

Search engine, khususnya Google, tentunya sudah tidak asing bagi Anda yang paham internet.

Di saat kita butuh jawaban, kita tidak perlu mencarinya repot-repot di perpustakaan, kita cukup ketik “kata kunci” pada Google.

Setiap harinya terdapat 5,5 milyar pencarian kata kunci lewat Google atau 63.000 per detiknya, jumlah yang sangat fantastis!!

Anda ingin ketika target pengunjung Anda mengetikkan kata kunci yang relevan, website Anda akan menduduki halaman pertama Google.

Dengan begitu, besar kemungkinan Anda mendapat traffic.

Jujur saja, hal ini merupakan hal yang tidak mudah.

95% orang bahkan tidak mau repot-repot menuju halaman kedua Google.

Bayangkan Anda harus bersaing dengan ribuan bahkan jutaan website untuk dapat menduduki halaman pertama Google.

Persaingan yang sangat sangat ketat.

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan optimasi search engine pada website Anda yang dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO)

 

Note :

Topik SEO merupakan topik kompleks yang sangat panjang.

Pada post ini Imajiner hanya akan membahasnya secara umum dan singkat.

 

Bagaimana caranya?

Website Anda perlu didesain agar memiliki link yang relevan dengan kata kunci target.

Link website Anda akan bernilai lebih baik di mata Google apabila seperti ini

https://skillkepemimpinan.com/cara-meningkatkan-kepemimpinan

bandingkan dengan

https://skillkepemimpinan.com/postid=8460

 

Ketika orang menulis kata kunci “cara meningkatkan kepemimpinan”, Google akan lebih mudah menemukan link yang relevan.

Selanjutnya Anda perlu memasukkan kata kunci yang Anda bidik secara tidak berlebihan di dalam post Anda.

Tujuannya agar post Anda semakin mudah dicari Google, namun tetap terkesan natural dan enak dibaca oleh pengunjung Anda.

Dulu mungkin kita bisa “mengakali” Google dengan memasukkan banyak kata kunci pada post dan membanjiri kata kunci pada bagian khusus yang dinamakan meta tag.

Sekarang Google sudah mengubah alogritmanya dan lebih mengutamakan website atau post dengan konten yang relevan.

Artinya, kembali ke poin no.1, yaitu berikan value kepada pengunjung Anda.

Buat konten yang menarik.

Itu yang harus menjadi fokus Anda.

 

Bangun list pengunjung yang setia

Anda ingin pengunjung Anda berkomunikasi dengan Anda secara rutin.

Dari sana Anda dapat secara perlahan-lahan membentuk ikatan kepercayaan.

Akan mudah bagi Anda untuk menjual produk /servis kepada pengunjung yang loyal.

Anda perlu membangun list pengunjung yang kemudian akan Anda kirimi email secara berkala.

Isi email dapat berupa apa saja, selama membangun hubungan yang baik.

Metode ini dikenal dengan istilah newsletter / subscribe / list building dan masih ada beberapa nama lainnya.

Intinya sama, Anda ingin “mempertahankan” audiens Anda dengan cara komunikasi rutin.

Tantangan terbesarnya adalah,

bagaimana caranya agar pengunjung mau memberikan alamat email mereka?

Simpel, mereka perlu merasakan value yang Anda tawarkan.

Anda dapat meningkatkan value yang Anda tawarkan dengan bonus atau kupon apabila website Anda menjual produk.

Anda juga bisa memberikan ebook gratis yang berisi tips bermanfaat.

 

Manfaatkan social media

Jaman sekarang siapa sih yang tidak punya social media?

Hampir semuanya punya.

Social media merupakan media yang sangat powerful untuk menarik audiens ke website Anda.

Social media apa saja dapat berguna.

Tapi Anda perlu ingat, setiap social media punya karakteristik tersendiri.

Anda perlu bereksperimen dan memanfaatkan keunggulan masing-masing social media untuk memperoleh interaksi yang optimal.

Jangan memenuhi konten social media dengan segala macam bentuk promosi / iklan, karena jelas follower Anda tidak akan suka.

 

Aktif Bereksplorasi

Anda perlu bergerak secara aktif di luar website Anda dalam mencari traffic.

Kunjungi website lain, misalnya blog atau forum yang membahas topik yang berhubungan dengan website Anda.

Tulis komen yang membangun, lontarkan pertanyaan yang merangsang, minta ijin untuk menulis blog post sebagai tamu di website lain, jawab pertanyaan di forum.

Berkontribusilah dengan baik.

Apabila pemilik website mengijinkan, Anda dapat meninggalkan link yang berisi website Anda.

Lewat cara tersebut, Anda berpotensi mendapatkan traffic dari pengunjung website yang Anda eksplor.

 

Gunakan partnership / endorsement

Publik figur memiliki pengaruh yang kuat dalam membangun traffic Anda.

Apabila Anda dapat menemukan figur yang sesuai dengan website Anda dan mengajaknya bekerja sama, Anda akan mendapat banyak pengunjung dalam waktu yang singkat.

Misalnya :

Apabila website Anda berisi konten fitness, publik figur yang cocok adalah Ade Rai.

Website Anda tentang memasak? Anda bisa mengajak Chef Marinka.

Tentu saja sangat sulit untuk menjalin kerja sama dengan publik figur sekelas artis.

Di sini Imajiner hanya memberikan contoh agar mudah dimengerti.

Target Anda cukup figur yang mempunyai traffic lebih besar dari Anda, misalnya : Youtuber, Selebgram, Blogger.

Tawarkan untuk menulis konten di website mereka.

Cara lain untuk Anda yang punya budget lebih, Anda dapat menyisihkan sejumlah biaya agar figur tersebut bersedia men-sponsori website Anda.

 

Gunakan Online Ads

Mungkin Anda sudah melakukan usaha di atas tapi Anda ingin menambah traffic lebih banyak lagi.

That’s good, itu artinya Anda serius dengan website Anda.

Cara berikutnya perlu sejumlah biaya, yaitu dengan menggunakan iklan berbayar dari Facebook ataupun Google.

Cara kerja kedua iklan ini pun cukup berbeda.

Google memunculkan iklan pada hasil pencarian search engine.

Facebook menampilkan sejenis banner iklan pada target audiens yang Anda tuju.

Kelebihan utama dari online ads adalah iklan akan bergerak secara aktif mendatangi target audiens Anda.

Really powerful!

Sebelum Anda tertarik mencoba online ads, Imajiner akan memberikan sedikit peringatan.

Mengatur online ads tidak mudah.

Anda perlu memahami cara kerja iklan tersebut dan melakukan targeting dengan benar.

Tanpa itu, Anda akan keluar uang banyak tanpa hasil memuaskan. Not good!

 

Penutup

Sebetulnya masih banyak cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mendatangkan traffic ke website Anda.

Anda dapat bergerilya di dunia nyata (non-online) dengan menaruh identitas website Anda di T-Shirt, banner, flyer, dan sebagainya.

Anda dapat menjadi pembicara di sebuah acara dan mempromosikan website Anda.

Anda dapat juga menjadi sponsor di sebuah acara sosial.

Anda tidak perlu membatasi kegiatan Anda di dunia online saja.

Batasan Anda hanyalah kreatifitas dan imajinasi.

Yang terpenting, Anda harus selalu ingat untuk memberikan value kepada audiens Anda.

 

Apakah Anda punya cara efektif tersendiri untuk meningkatkan traffic?

Bagikan cerita Anda di kolom komentar!

Like this post? Please share it, thank you :)

1 Comment

  1. Cara Memulai Bisnis Online (Panduan) • Imajiner on September 28, 2018 at 3:28 pm

    […] Bagaimana cara mencari customer di dunia online? […]

Leave a Comment





CREATE YOUR WEB

Website yang dirancang dengan baik akan membantu Anda dalam mencapai goals yang diinginkan. Coba gratis sekarang juga!

SUDAH PUNYA WEB?

Apakah Anda tahu seberapa baik website Anda bekerja? Dapatkan analisa gratis website Anda.

1
Hi, selamat datang di Imajiner, tempat penyedia website custom terbaik.
Klik icon di bawah untuk berbicara dengan kami via WhatsApp.
Powered by