Apa itu traffic?
Dalam website kita mengenal istilah traffic, yang artinya adalah lalu lintas keluar masuk pengunjung Anda. Traffic seperti oksigen untuk web Anda, tanpa traffic website Anda akan “mati”.
Anda ingin menjual produk atau jasa di website Anda? Anda perlu mendapatkan pengunjung, kemudian membuat mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.
Anda ingin menjadi blogger terkenal? Anda perlu mendatangkan banyak pengunjung, membaca dan menyukai tulisan Anda, membagikan informasi mengenai Anda kepada kenalan, dan membuat website Anda menjadi viral.
Tidak peduli apapun jenis dan goal website Anda, Anda akan butuh traffic.
Mungkin suatu bisnis butuh traffic dengan jumlah besar untuk survive. Bisnis lain mungkin hanya butuh traffic kecil. Namun pada intinya, semua jenis website butuh traffic.
Mendatangkan Traffic Tidaklah Mudah
Banyak pemilik website diam secara pasif berharap pengunjung akan datang. Akibatnya, website mereka akan sepi-sepi saja. Ingat, orang tidak secara tiba-tiba mendatangi web Anda.
Anda butuh strategi untuk mendatangkan traffic.
Ibaratnya seperti ini, Anda membangun sebuah toko (secara fisik) di daerah terpencil, lalu Anda menunggu secara pasif berharap suatu hari ada pembeli yang datang. Mungkinkah terjadi?
Bisa saja, tapi kemungkinannya kecil.
Tahukah Anda bahwa di dunia ini ada lebih dari 1,5 milyar website?
Apakah Anda lebih memilih berserah pada nasib? Atau Anda akan lebih memilih mendatangkan traffic lewat kerja keras?
Jika Anda sampai membaca post ini pasti Anda seorang pekerja keras, oleh karena itu Imajiner akan membagikan tips untuk meningkatkan traffic bagi website Anda.
Berikan value kepada pengunjung Anda
Orang tidak akan tertarik untuk menghabiskan waktunya di website Anda, kecuali Anda punya alasan kuat yang membuat mereka betah. Kunci utama untuk membuat pengunjung Anda betah adalah value.
Anda perlu memberikan value atau manfaat kepada pengunjung Anda. Caranya dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas.
Konten bisa dibuat dalam berbagai macam format, misalnya: tulisan, gambar, video, ataupun audio. Selanjutnya, Anda perlu mempublikasikan konten tersebut di website Anda.
Apabila konten Anda bermanfaat dan tepat sasaran, besar kemungkinan pengunjung Anda akan datang kembali di kemudian hari. Tidak hanya itu, mereka mungkin juga akan membagikan (share) post atau memberitahukan kenalannya mengenai website Anda.
Semakin bagus dan menarik konten Anda, maka semakin tinggi juga kesempatan website Anda akan viral.
Buat website Anda mudah ditemukan Search Engine
Search engine, khususnya Google, tentunya sudah tidak asing bagi Anda yang paham internet. Di zaman sekarang, saat kita butuh jawaban dan informasi, kita tidak perlu mencarinya repot-repot di perpustakaan.
Kita akan mengandalkan Google.
Tahukah Anda bahwa setiap harinya terdapat 5,5 milyar pencarian kata kunci lewat Google atau 63.000 per detiknya? Jumlah yang sangat fantastis bukan?
Anda ingin ketika orang mengetikkan kata kunci yang relevan, website Anda muncul di halaman pertama Google. Dengan begitu, besar kemungkinan mereka akan mengunjungi web Anda.
Topik ini dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO).
Memang SEO bukanlah hal yang mudah karena persaingan yang ketat dan membutuhkan konsistensi serta effort yang tinggi. Namun ada baiknya Anda memahami SEO, agar dalam jangka panjang website Anda semakin ramai.
Baca juga: Strategi SEO yang Efektif untuk Website Baru.
Membangun pengunjung yang setia
Apa yang terjadi ketika orang mengunjungi website Anda dan membaca konten yang menarik? Secara teori, besar kemungkinan mereka akan kembali mengunjungi website Anda di suatu hari nanti.
Namun secara praktek tidak semudah itu.
Setiap harinya ada banyak video, social media post, dan blog yang dibuat oleh para creator di seluruh dunia. Berapa jumlahnya?Lebih dari 300 juta terabytes data!
Artinya, ada banyak konten baru terus bermunculan dan mungkin saja mereka akan segera lupa dengan website Anda.
Sebagai contoh, saat ini Anda sedang membaca blog dari imajiner.id, apakah besok Anda akan ingat website ini dan kembali untuk membaca artikel lainnya? Mungkin tidak.
Lalu apa yang dapat kita usahakan?
Anda dapat membangun list pengunjung dengan cara mengumpulkan alamat email, sehingga Anda punya cara untuk menjangkau mereka dan menjalin komunikasi. Metode ini dikenal dengan istilah newsletter / subscribe / list building.
Tantangan terbesarnya adalah bagaimana caranya agar pengunjung mau memberikan alamat email mereka?
Kembali ke value. Apa value yang Anda janjikan agar pengunjung mau melakukan subscribe?
Mungkin Anda dapat memberikan kupon dan diskon belanja. Atau Anda juga bisa memberikan ebook gratis yang berisi tips bermanfaat.
Manfaatkan social media
Jaman sekarang siapa sih yang tidak punya social media? Hampir semuanya punya.
Social media merupakan media yang sangat powerful untuk menarik audiens ke website Anda. Social media apa saja dapat berguna. Instagram, X (Twitter), Linkedin, YouTube, dsb.
Tapi Anda perlu ingat, setiap social media punya karakteristik tersendiri.
Anda perlu bereksperimen dan memanfaatkan keunggulan masing-masing social media untuk memperoleh interaksi yang optimal. Jangan memenuhi konten social media dengan terlalu banyak promosi / iklan, karena jelas follower Anda tidak akan suka.
Aktif Bereksplorasi
Anda perlu bergerak secara aktif di luar website Anda dalam mencari traffic.
Kunjungi website lain, misalnya blog atau forum yang membahas topik yang berhubungan dengan website Anda.
Tulis komen yang membangun, lontarkan pertanyaan yang merangsang, minta ijin untuk menulis konten di website lain (sebagai tamu), jawab pertanyaan di forum.
Pada intinya, berkontribusilah dengan baik. Apabila pemilik website mengijinkan, Anda dapat meninggalkan link yang menuju ke website Anda.
Dengan cara tersebut, Anda berpotensi mendapatkan traffic dari pengunjung website yang Anda eksplor.
Gunakan partnership / endorsement
Publik figur memiliki pengaruh yang kuat dalam membangun kepercayaan brand Anda.
Apabila Anda dapat menemukan figur yang sesuai dengan topik / bidang website Anda dan mengajaknya bekerja sama, Anda akan mendapat banyak pengunjung dalam waktu yang singkat.
Misalnya :
Apabila website Anda berisi konten fitness, publik figur yang cocok adalah Ade Rai.
Website Anda tentang memasak? Anda bisa meng-endorse Chef Marinka.
Tentu saja sangat sulit untuk menjalin kerja sama dengan publik figur sekelas artis. Contoh di atas hanya bersifat gambaran agar mudah dimengerti.
Pastikan Anda bekerja sama dengan figur yang memiliki karakteristik audiens yang sesuai dengan target market bisnis Anda.
Gunakan Online Ads
Mungkin Anda sudah melakukan usaha di atas tapi Anda ingin menambah traffic lebih banyak lagi. That’s good, itu artinya Anda serius dengan website Anda.
Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan iklan berbayar (paid advertising). 3 platform yang saat ini paling populer adalah Google, Meta, dan TikTok.
Kelebihan utama dari metode ini adalah konten Anda yang akan bergerak aktif mendatangi target audiens Anda. Sudah dipastikan Anda akan mendapat traffic.
Namun sebelum Anda memutuskan beriklan, perlu kami ingatkan traffic tersebut belum tentu akan menjadi profit.
Mengatur online ads tidaklah mudah. Anda perlu memahami cara kerja iklan tersebut dan mengatur strategi dengan tepat. Tanpa itu, Anda akan keluar uang banyak tanpa hasil memuaskan. Not good!
Penutup
Tentu masih banyak cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mendatangkan traffic ke website Anda.
Anda dapat bergerilya di dunia nyata (offline) dengan menaruh identitas website Anda di T-Shirt, banner, flyer, dan sebagainya.
Anda dapat menjadi pembicara di sebuah acara dan mempromosikan website Anda.
Anda dapat juga menjadi sponsor di sebuah acara sosial.
Poinnya, meskipun website adalah suatu media online, perlu diingat bahwa audiens Anda adalah seorang manusia yang hidup di dunia nyata. Anda tidak perlu membatasi kegiatan Anda di dunia online saja.
Yang terpenting, Anda harus selalu ingat untuk memberikan value kepada audiens Anda.
Apakah Anda punya cara efektif tersendiri untuk meningkatkan traffic? Bagikan cerita Anda di kolom komentar!
14 komentar untuk “Kunci Sukses Meningkatkan Traffic Website”
Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.
Terima kasih kembali Pak
website saya DA 30 PA 45 tapi traffik ke website saya maaih jauh dari yg siharapkan ada saran?
Bapak bisa coba menerapkan digital marketing yang berbayar, seperti Paid Ads.
Semoga dapat membantu
terima kasih, artikel yang baik. http://www.dewiflorist.com
Thanks Pak Herry 🙂
gimana cara mempromosikan website di facebook bang? sy memiliki portal berita http://www.posflores.com, trafiknya rendah, semntra artikl per bulan hmpir 1000 artikl..mohon bimbingan..
Bapak mungkin bisa coba Facebook Ads ya
Terima kasih atas informasinya. Sangat bermanfaat sekali, semoga website ini juga semakin tinggi trafiknya.
Thank you!
bermanfaat ini dapat ilmu baru
Memang website saya baru namun kenapa traffic tidak jalan ya sedangkan artikel saya setiap hari update ? https://Hotnews.lpp3s.ac.id/
apakah ada solusi pak ?
Jangan lupa untuk dipromosikan terus Pak websitenya 🙂
Karena website baru biasanya orang-orang belum familiar, otomatis pengunjung masih sedikit
Artikel yang sangat bermanfaat,saya baru buat website pak untuk bisnis..
selain berbayar apakah ada cara cepat untuk menaikan website.
dan biasanya berapa lama website kita ada di kolom pencarian google..
website saya : kontainers.co.id
terima kasih semoga bermanfaat artikelnya pak