Apakah Anda tertarik memilih Imajiner sebagai partner untuk pembuatan website Anda?
Mantap!
Untuk memaksimalkan hasil kerja dan kepuasan Anda, kami menggunakan proses kerja standar yang didapat dari pengalaman kami menangani lebih dari 300 klien.
Di artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana proses kerja Imajiner dan juga tujuannya, sehingga Anda memiliki gambaran yang lebih jelas sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan kami.
Apa tujuan dari standar proses kerja?
Tentu sebetulnya kami ingin menggunakan proses kerja yang sesimpel dan sefleksibel mungkin agar memudahkan Anda.
Namun sayangnya, pembuatan website custom cenderung bersifat kompleks karena ada banyak pihak yang terlibat dan seringkali masing-masing pihak memiliki kesibukan dan preferensi yang berbeda-beda pula.
Tanpa sebuah standar, pekerjaan akan sulit dikelola dan sangat berpotensi menimbulkan hambatan.
Akibatnya? Pekerjaan yang dihasilkan dapat tidak sesuai harapan.
Dengan menggunakan proses kerja standar diharapkan:
- alur pekerjaan lancar dan jelas,
- kerja sama / komunikasi antara kedua belah pihak menjadi nyaman dan menyenangkan,
- Anda mendapat hasil akhir yang maksimal dan tepat waktu,
Yang tentunya semua berujung kepada kepuasan maksimal. Amin.
4 tahap proses kerja standar pembuatan website
Secara garis besar proses kerja dari Imajiner terbagi atas 4 tahap, yaitu: konsultasi, proposal, pengerjaan website, dan maintenance.
Tahap 1: Konsultasi
Tahap konsultasi merupakan tahap awal yang paling penting.
Pada tahap ini kami berusaha untuk mengetahui kebutuhan Anda dan mencari tahu apakah Imajiner merupakan penyedia jasa yang tepat untuk Anda.
Untuk memulai konsultasi, silakan menghubungi tim konsultan Imajiner melalui WhatsApp / Live Chat.

Setelah terhubung dengan tim konsultan Imajiner, Anda dapat menginformasikan kebutuhan Anda. Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda informasikan.
- Apa jenis website yang diinginkan (contoh jawaban: Company Profile / Online Shop / Custom Website)
- Apa tujuan utama dari website Anda (contoh jawaban: menginformasikan value brand / perusahaan agar terlihat profesional)
- Siapa target audiens / user website Anda (contoh jawaban: B2B)
- Apa saja fitur-fitur website yang Anda inginkan (contoh jawaban: Katalog Produk, WhatsApp Chat, Blog, Gallery, dsb.)
- Apa contoh website lain yang dapat dijadikan acuan / referensi (contoh jawaban: dapenra.co.id, pantry-magic.id)
- Kapan website harus siap dipakai (contoh jawaban: dalam 2 bulan)
- Berapa budget yang Anda siapkan (contoh jawaban: Rp. 5 – 10 juta)
Dari informasi yang Anda sampaikan, kami akan mengestimasi apakah kebutuhan Anda sesuai dengan budget yang disiapkan.
Jika budget tidak cocok, biasanya kami akan memberikan opsi penyederhanaan yang bisa Anda pilih, misalnya: pengurangan jumlah halaman, penyederhanaan fitur, penyederhanaan kompleksitas struktur / desain web.
Tahap 2: Proposal
Berdasarkan hasil diskusi yang didapat pada tahap konsultasi, apabila Anda merasa cocok dengan estimasi yang diberikan, maka tim kami akan menyiapkan proposal untuk Anda.
Di proposal ini akan tercantum secara detail berbagai informasi mengenai :
- kebutuhan / spesifikasi dan fitur website,
- acuan / referensi untuk pengerjaan website,
- ruang lingkup pekerjaan,
- biaya yang dibutuhkan,
- jadwal pengerjaan, dan
- syarat ketentuan.
Proposal ini yang menjadi acuan untuk kerja sama antara kedua belah pihak. Oleh karena itu, pastikan semua kebutuhan yang Anda inginkan sudah tertuang pada proposal.
Jika ada bagian / poin yang menurut Anda belum dibahas secara jelas, maka Anda dapat menyampaikannya kepada tim kami untuk merevisi / memperbarui isi proposal.
Pastikan Anda telah mempelajari dan memahami isi proposal dengan baik sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.
Tahap 3: Pengerjaan Website
Jika Anda menyetujui proposal dan memutuskan untuk memilih Imajiner, maka Anda dapat melakukan pembayaran awal (down payment) untuk memulai proyek pekerjaan website.
Proyek ini akan dipimpin oleh project leader dari tim Imajiner yang bertugas mengkoordinasi segala hal yang berkaitan selama proses pengerjaan berlangsung, seperti: melakukan follow-up dan mediasi, membantu pertanyaan atau kendala selama proses berlangsung.
Anda dan tim akan diundang ke grup online agar dapat berkomunikasi secara mudah dengan tim Imajiner yang terlibat.
Tahap pengerjaan merupakan tahap terpanjang dan membutuhkan proses komunikasi yang cukup intens. Kami membagi tahap pengerjaan ini ke dalam 6 kegiatan.
Kegiatan 1: Persiapan (PIC: Imajiner dan Anda)
Pada kegiatan persiapan, tim Imajiner akan memberikan Anda kuesioner yang dapat dijadikan panduan untuk pengumpulan materi.
Selanjutnya, Anda dan tim dapat mengirimkan materi terkait konten website (berupa tulisan, foto, video, dsb.) yang akan digunakan sebagai bahan untuk pembuatan website.
Tidak perlu khawatir jika materi belum 100% terkumpul semua, Anda dapat mengirimkannya kapan saja selama masih berada di jadwal pengerjaan.
Kegiatan 2: Pembuatan kerangka website (PIC: Imajiner)
Pada kegiatan pembuatan kerangka, tim Imajiner akan membuatkan kerangka website berdasarkan requirement yang tertera di proposal.
Kerangka website merupakan website jadi yang didesain mengikuti kebutuhan dan materi awal yang dikirimkan dan dapat dibuka secara langsung dari browser.
Meskipun masih banyak konten dummy dan belum berfungsi secara 100%, kerangka website diharapkan dapat memberikan gambaran secara visual mengenai arah dari pekerjaan website.
Kegiatan 3: Feedback kerangka website / revisi 1 (PIC: Anda)
Dari kerangka website yang sudah dibuat, Anda dapat memberikan tanggapan / revisi secara keseluruhan mulai dari typography, pemilihan warna, penempatan konten, struktur dan halaman website.
Anda juga dapat memberikan materi susulan apabila ada.
Note: Apabila Anda merasa hasil kerangka website terlalu jauh di bawah ekspektasi dan tidak sesuai dengan kesepakatan, silakan berdiskusi dengan project leader dari tim Imajiner. Anda berhak membatalkan proyek dan meminta refund 100% dari down payment.
Kegiatan 4: Perbaikan website (PIC: Imajiner)
Selanjutnya, kami akan memperbaiki dan melakukan improvement pada website sesuai dari feedback kerangka website yang Anda berikan. Kami juga akan memasukkan materi susulan yang Anda berikan.
Harapan dari kegiatan ini adalah hasil website dengan progress 70%.
Kegiatan 5: Feedback perbaikan website / revisi 2 (PIC: Anda)
Pada kegiatan ini, Anda kembali diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan / revisi atas proses perbaikan.
Anda juga masih dapat memberikan materi susulan apabila ada.
Kegiatan 6: Penyempurnaan website (PIC: Imajiner)
Dari feedback yang diberikan, kami akan kembali memperbaiki dan melakukan improvement pada website. Kami juga akan memasukkan materi susulan yang diberikan, apabila ada.
Harapan dari kegiatan ini adalah hasil website dengan progress 90%.
Kegiatan 7: Feedback penyempurnaan / revisi 3 (PIC: Anda)
Pada kegiatan ini, biasanya tanggapan / revisi yang diberikan lebih bersifat minor sebelum website di-finalisasi.
Anda juga masih dapat memberikan materi susulan apabila ada yang kurang.
Kegiatan 8: Finalisasi (PIC: Imajiner)
Finalisasi merupakan kegiatan terakhir dari tahap pengerjaan.
Selain melakukan perbaikan dan improvement berdasarkan tanggapan / revisi terakhir, kami juga melakukan banyak hal teknis yang berkaitan dengan optimasi dan deployment agar website Anda berfungsi optimal.
Harapan dari kegiatan ini adalah hasil website dengan progress 100% dan siap dibuka untuk umum.
Kemudian kami akan mengirimkan Anda invoice pelunasan.
Setelah melunasi pembayaran, kami akan memberikan Anda akses admin beserta user guide agar Anda dapat mengelola website secara mandiri.

Tahap 4: Maintenance
Selamat, website Anda sudah siap beroperasi secara penuh.
Bagaimana jika di kemudian hari ada kendala atau masalah pada website?
Tidak perlu khawatir, pekerjaan kami tidak selesai begitu saja.
Kami tetap melakukan maintenance rutin agar website Anda selalu bekerja optimal 24 jam sehari.

Kapanpun Anda menemukan kendala / masalah pada website, Anda tidak perlu panik.
Cukup hubungi tim support kami dan kami akan membantu Anda secepat mungkin.
Penutup
Tidak terasa artikel ini menjadi panjang.
Semoga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai proses kerja di Imajiner.
Apakah ada pertanyaan / sesuatu yang kurang jelas? Jangan sungkan untuk menghubungi kami.
Jika Anda merasa cocok dengan proses kerja Imajiner dan berniat untuk segera membuat website, maka Anda dapat memulai komunikasi dengan mengklik tombol WhatsApp / Live Chat yang terdapat pada bawah layar Anda.