Apakah Anda tertarik memilih Imajiner sebagai partner untuk pembuatan website Anda?
Mantap!
Untuk memaksimalkan hasil kerja dan kepuasan Anda, kami menggunakan proses kerja standar yang didapat dari pengalaman kami menangani lebih dari 350 klien.
Di artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana proses kerja Imajiner dan juga tujuannya, sehingga Anda memiliki gambaran yang lebih jelas sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan kami.
Apa tujuan dari standar proses kerja?
Tentu kita ingin proses kerja yang sesimpel dan sefleksibel mungkin.
Namun sayangnya, pembuatan website custom cenderung bersifat kompleks karena:
- melibatkan banyak pihak dan
- seringkali masing-masing pihak memiliki kesibukan dan preferensi yang berbeda-beda
Tanpa sebuah standar, pekerjaan akan sulit dikelola dan sangat berpotensi menimbulkan hambatan.
Akibatnya? Pekerjaan yang dihasilkan dapat tidak sesuai harapan.
Dengan menggunakan proses kerja standar diharapkan:
- alur pekerjaan lancar dan jelas,
- kerja sama / komunikasi antara kedua belah pihak menjadi nyaman dan menyenangkan,
- Anda mendapat hasil akhir yang maksimal dan tepat waktu,
Sehingga hasilnya adalah website yang sesuai dengan ekspektasi Anda.
4 tahap proses kerja standar pembuatan website
Secara garis besar proses kerja dari Imajiner terbagi atas 4 tahap, yaitu: konsultasi, proposal, pengerjaan website, dan maintenance.
Tahap 1: Konsultasi
Tahap konsultasi merupakan tahap awal yang paling penting.
Pada tahap ini kami berusaha untuk mengetahui kebutuhan Anda dan mencari tahu apakah Imajiner merupakan penyedia jasa yang tepat untuk Anda.
Untuk memulai konsultasi, silakan menghubungi tim konsultan Imajiner melalui WhatsApp / Live Chat.
Setelah terhubung dengan tim konsultan Imajiner, Anda dapat menginformasikan kebutuhan Anda. Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda informasikan.
- Apa jenis website yang diinginkan (contoh jawaban: Company Profile / Online Shop / Custom Website)
- Apa tujuan utama dari website Anda (contoh jawaban: menginformasikan value brand / perusahaan agar terlihat profesional)
- Siapa target audiens / user website Anda (contoh jawaban: B2B)
- Apa saja fitur-fitur website yang Anda inginkan (contoh jawaban: Katalog Produk, WhatsApp Chat, Blog, Gallery, dsb.)
- Apa contoh website lain yang dapat dijadikan acuan / referensi (contoh jawaban: dapenra.co.id, pantry-magic.id)
- Kapan website harus siap dipakai (contoh jawaban: dalam 2 bulan)
- Berapa budget yang Anda siapkan (contoh jawaban: Rp. 5 – 10 juta)
Dari informasi yang Anda sampaikan, kami akan meng-estimasi apakah kebutuhan Anda sesuai dengan budget yang disiapkan.
Jika budget tidak cocok, kami dapat memberikan opsi penyederhanaan, misalnya: pengurangan jumlah halaman, penyederhanaan fitur, penyederhanaan kompleksitas struktur / desain web.
Tahap 2: Proposal
Berdasarkan hasil diskusi yang didapat pada tahap konsultasi, apabila Anda merasa cocok dengan estimasi yang diberikan, maka tim kami akan menyiapkan proposal untuk Anda.
Di proposal ini akan tercantum secara detail berbagai informasi mengenai :
- kebutuhan / spesifikasi dan fitur website,
- acuan / referensi untuk pengerjaan website,
- ruang lingkup pekerjaan,
- biaya yang dibutuhkan,
- jadwal pengerjaan, dan
- syarat ketentuan.
Proposal ini yang menjadi acuan untuk kerja sama antara kedua belah pihak. Oleh karena itu, pastikan semua kebutuhan yang Anda inginkan sudah tertuang pada proposal.
Jika ada bagian / poin yang menurut Anda belum dibahas secara jelas, maka Anda dapat menyampaikannya kepada tim kami untuk merevisi / memperbarui isi proposal.
Pastikan Anda telah mempelajari dan memahami isi proposal dengan baik sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.
Tahap 3: Pengerjaan Website
Jika Anda menyetujui proposal dan memutuskan untuk memilih Imajiner, maka Anda dapat melakukan pembayaran awal (down payment) untuk memulai proyek pekerjaan website.
Proyek ini akan dipimpin oleh project leader dari tim Imajiner yang bertugas mengkoordinasi segala hal yang berkaitan selama proses pengerjaan berlangsung, seperti: melakukan follow-up dan mediasi, membantu pertanyaan atau kendala selama proses berlangsung.
Anda dan tim akan diundang ke grup online (WhatsApp group) agar dapat berkomunikasi secara mudah dan efisien.
Tahap pengerjaan merupakan tahap terpanjang dan membutuhkan proses komunikasi yang intens. Kami membagi tahap pengerjaan ini ke dalam 5 kegiatan.
Kegiatan 1: Persiapan (PIC: Imajiner dan Anda)
Pada kegiatan persiapan, tim Imajiner akan memberikan Anda kuesioner dan ceklist yang dapat dijadikan panduan untuk pengumpulan materi.
Selanjutnya, Anda dan tim akan diberikan link Google Drive untuk mengupload seluruh materi untuk konten website (berupa tulisan, foto, video, dsb.)
Tidak perlu khawatir jika materi belum 100% terkumpul semua, Anda dapat mengirimkannya secara bertahap selama tahap pengerjaan.
Kegiatan 2: Pembuatan kerangka website (PIC: Imajiner)
Pada kegiatan pembuatan kerangka, tim Imajiner akan membuatkan kerangka website berdasarkan requirement yang tertera di proposal.
Meskipun masih banyak konten dummy dan belum berfungsi secara 100%, kerangka website diharapkan dapat memberikan gambaran secara visual mengenai arah dari pekerjaan website.
Kegiatan 3: Feedback kerangka website / revisi (PIC: Anda)
Dari kerangka website yang sudah dibuat, Anda dapat memberikan tanggapan / revisi secara keseluruhan mulai dari typography, pemilihan warna, penempatan konten, struktur dan halaman website.
Anda juga dapat memberikan materi susulan apabila ada.
Note
Apabila Anda merasa hasil kerangka website terlalu jauh di bawah ekspektasi dan tidak sesuai dengan kesepakatan, silakan berdiskusi dengan project leader dari tim Imajiner. Anda berhak membatalkan proyek dan meminta refund 100% dari down payment.
Kegiatan 4: Perbaikan website (PIC: Imajiner)
Selanjutnya, kami akan memperbaiki dan melakukan improvement pada website sesuai dari feedback kerangka website yang Anda berikan. Kami juga akan memasukkan materi susulan yang Anda berikan.
Proses memberikan feedback / revisi dan perbaikan website tidak dibatasi secara jumlah dan dapat berlangsung selama 14 hari kerja.
Kegiatan 5: Finalisasi (PIC: Imajiner dan Anda)
Finalisasi merupakan kegiatan terakhir dari tahap pengerjaan.
Setelah melakukan perbaikan dan improvement berdasarkan tanggapan / revisi terakhir, kami akan melakukan optimasi dan membuat website live pada domain utama.
Harapan dari kegiatan ini adalah hasil website dengan progress 100% dan dibuka untuk umum.
Setelah melunasi pembayaran, kami akan memberikan Anda akses admin beserta user guide agar Anda dapat mengelola website secara mandiri.
Tahap 4: Maintenance
Selamat, website Anda sudah siap beroperasi secara penuh.
Bagaimana jika di kemudian hari ada kendala atau masalah pada website?
Tidak perlu khawatir, pekerjaan kami tidak selesai begitu saja. Kami melakukan maintenance rutin agar website Anda selalu bekerja optimal 24 jam sehari.
Kapanpun Anda menemukan kendala / masalah pada website, Anda tidak perlu panik. Cukup hubungi tim support kami dan kami akan membantu Anda secepat mungkin.
Penutup
Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai proses kerja di Imajiner.
Apakah ada pertanyaan / sesuatu yang kurang jelas? Jangan sungkan untuk menghubungi kami.
Jika Anda merasa cocok dengan proses kerja Imajiner dan berniat untuk segera membuat website, maka Anda dapat memulai komunikasi dengan mengklik tombol WhatsApp / Live Chat yang terdapat pada bawah layar Anda.