Andaikan website Anda masuk halaman pertama Google, pasti web Anda kebanjiran pengunjung dan mudah mendapatkan profit.
Sayangnya, setiap website yang ingin menaikkan peringkatnya pasti mengalami kesulitan karena tingkat kompetisi yang kuat.
Hampir semua website berlomba-lomba untuk menaikkan peringkat mereka, tetapi hanya segelentir website saja yang dapat masuk ke halaman utama Google.
Untuk Anda yang belum berhasil masuk halaman utama Google, jangan patah semangat dulu.
Ada metode ampuh untuk meningkatkan peringkat website Anda yang akan Imajiner bahas pada kesempatan kali ini, yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing).
Simak artikel ini dan bersiaplah menduduki halaman pertama Google.
Metode 1: SEO (Search Engine Optimization)
Pasti Anda sering mendengar istilah SEO yang merupakan metode atau ilmu untuk menaikkan peringkat di Search Engine (terutama Google).
Jika Anda memahami betul cara kerja SEO, website Anda berpotensi untuk menduduki peringkat atas di Google.
Yang Anda perlu ketahui tentang SEO
- SEO adalah sebuah proses /teknik mengoptimalkan website di mata Search Engine, sehingga dapat meningkatkan peringkat.
- Terdapat 2 jenis SEO, yaitu On-Page dan Off-Page.
- On-Page SEO adalah langkah untuk mengoptimalkan SEO yang dilakukan di dalam website, contohnya: meningkatkan kualitas konten, kecepatan website, user experience, dsb.
- Off-Page SEO adalah langkah untuk mengoptimalkan SEO yang dilakukan di luar website, contohnya: mempromosikan website, link building.
- Hasil dari SEO tidaklah instan! Butuh waktu cukup lama agar terlihat hasilnya, yaitu paling sedikit 90-180 hari.
Banyak orang salah paham mengenai SEO
Banyak orang mengira ada trik khusus yang diketahui para ahli SEO untuk menaikkan peringkat website secara instan, contohnya: membeli backlink atau memasukkan keyword di tempat khusus website.
Hal ini cukup efektif di masa lalu, namun algortima Google telah berubah dan trik ini tidak dapat lagi digunakan di masa kini.
Berikut adalah dua kesalahan fatal utama yang paling sering ditemui.
Kesalahan Utama 1 : Membeli Backlink
Secara singkat, backlink adalah sebuah link dari website lain yang diarahkan ke website pemilik.
Misalnya, website A membuat artikel tentang review sebuah restaurant bernama Bandar Djakarta. Di artikel tersebut ada link yang mengarah ke website Bandar Djakarta (seperti ini). Artinya, website Bandar Djakarta mendapat backlink dari website A.
Backlink dapat meningkatkan peringkat website di Google, apabila backlink tersebut berkualitas dan tidak dimanipulasi.
Lalu, bagaimana dengan membeli backlink?
Menurut Gotch SEO, seorang pakar SEO, membeli backlink = melanggar aturan Google.
Website yang terdeteksi melakukan manipulasi backlink harus bersiap terkena pinalti atau bahkan banned dari Google.
Dampaknya apa? Jangankan masuk halaman utama, bisa-bisa website Anda turun peringkat atau bahkan tidak masuk peringkat sama sekali!
Kesalahan Utama 2 : Membuat Artikel dengan Keyword Berulang-ulang
Pernah lihat isi web yang seperti ini?
Dapat kita lihat bahwa website tersebut berusaha menarget keyword “Rental Mobil”, terlihat dari frase “Rental mobil” yang muncul berkali-kali secara ekstrim.
Tindakan ini disebut sebagai penumpukkan keyword (keyword stuffing) dan metode ini tidak lagi dapat menaikkan peringkat Anda.
Di masa kini, faktor yang paling penting adalah pengalaman user / user experience, yaitu membuat pengunjung menjadi nyaman dan betah berada di website Anda.
Anda dapat melihat contoh konten web yang lebih baik di bawah ini.
Terkesan lebih natural dan enak dibaca kan?
Sebagai tambahan info, saat artikel ini dibuat, website ini menempati halaman utama Google, sedangkan website sebelumnya yang menerapkan keyword stuffing, hanya berhasil menempati halaman ke-10.
Faktor yang memengaruhi peringkat di Google
Kita sudah membahas 2 kesalahan utama dalam melakukan SEO, tentu saja selanjutnya kita juga akan membahas faktor yang dapat memaksimalkan SEO untuk meningkatkan peringkat website Anda.
Faktor 1: Kualitas Konten
Yang perlu Anda ketahui mengenai kualitas konten.
- Kualitas konten adalah salah satu faktor terpenting dalam SEO.
- Konten yang berkualitas adalah konten yang orisinal, informatif, dan akurat. Bukan hasil jiplakan / saduran dari website lain.
- Bersifat edukatif dan memberikan value untuk pembaca.
Yang dapat Anda lakukan dalam membuat konten.
- Berikanlah informasi secara jelas, mudah dimengerti, dan relevan.
- Gunakan gambar yang mendukung dengan resolusi yang baik sehingga pengunjung merasa lebih tertarik saat membaca konten.
- Update konten yang lama sehingga lebih relevan untuk diterapkan pada masa sekarang.
- Anda dapat menambah “bumbu” pada konten Anda dengan memasukkan video, infographic, atau quiz.
Bingung dalam membuat konten? Anda juga dapat membaca Panduan Kilat Menulis Konten untuk Pemula.
Faktor 2: Tingkat Kompetisi Keyword
Perlu Anda ingat, Google menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci.
Setiap kata kunci mempunyai hasil berbeda dan juga tingkat kompetisi yang berbeda.
Sebelum Anda memilih sebuah keyword, sebaiknya Anda melakukan research terlebih dahulu.
Gunakan keyword yang relevan dengan bisnis Anda dan memiliki jumlah pencarian yang cukup tinggi. Selain itu, pilihlah keyword dengan tingkat kompetisi yang tidak terlalu tinggi.
Anda dapat menggunakan SEMrush untuk melakukan analisa kata kunci.
Faktor 3: User Experience
Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting adalah User Experience.
Perlu Anda ketahui bahwa misi Google adalah menghadirkan informasi dan website terbaik untuk para penggunanya.
Oleh karena itu, tentunya konten website harus sejalan dengan misi Google ini, yaitu memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna.
Apa saja hal penting yang dapat memengaruhi kenyamanan pengunjung pada website?
Kecepatan Website
Kecepatan dalam memproses sebuah halaman website sangat memengaruhi peringkat di Google. Pengunjung akan cepat pergi jika website Anda lambat.
Hal ini memberikan tanda ke Google bahwa website Anda kurang user friendly sehingga peringkat website Anda akan turun. Idealnya, website Anda dapat dibuka dalam waktu kurang dari 4 detik.
Desain Website
Tata letak, komposisi warna, font, dan fitur website harus berperan dengan baik. Buatlah desain yang menggambarkan profesionalisme dan kredibilitas brand Anda.
Jangan membanjiri website dengan berbagai macam pop-up, iklan, dan elemen-elemen lain yang membuat pengunjung merasa “ilfeel”.
Faktor 4: Keamanan / SSL
Di zaman sekarang website Anda wajib dilengkapi dengan serfitikat Secure Socket Layers (SSL).
SSL berperan dalam melindungi data-data dan privasi pengunjung.
Keamanan website Anda sangat penting dalam penilaian Google, karena Google akan memberikan peringkat lebih tinggi kepada website yang mempunyai serfitikat SSL.
Website yang memiliki serfitikat SSL mempunyai ikon gembok di sebelah kolom URL yang apabila diklik akan muncul tulisan “Connection is secure” atau koneksi aman.
Faktor 5: Mobile Responsive
Tampilan website harus dapat menyesuaikan layar perangkat sehingga tetap menarik saat diakses, baik melalu desktop, tablet, maupun mobile.
Terutama tampilan mobile harus dioptimalkan karena zaman sekarang pengguna internet melalui handphone lebih banyak dibandingkan laptop atau komputer.
Faktor 6: Domain Authority
Domain Authority adalah skor penilaian sebuah website yang nantinya akan menjadi acuan dalam memberikan peringkat di mesin pencarian Google.
Doman Authority itu layaknya nilai rapor seorang murid yang di mana jika hasil nilainya baik, maka akan mendapatkan peringkat yang terbaik juga. Namun, untuk mendapatkan nilai yang baik, Anda harus memenuhi berbagai macam indikatornya.
Selain dari poin-poin yang di atas, ada beberapa indikator lain, seperti usia domain, ukuran domain, popularitas domain, jumlah dan kualitas backlink.
Metode 2: Search Engine Marketing (SEM) / Google Ads
Search Engine Marketing (SEM) mempunyai kesamaan seperti SEO, yaitu memunculkan website berdasarkan kata kunci yang tertarget di Search Engine Google. Bedanya, SEM ini berbayar atau dengan kata lain beriklan.
SEM lebih sering dikenal sebagai Google Ads.
SEM / Google Ads biasanya menggunakan sistem Pay per Click (PPC) dimana pengiklan dikenakan biaya berdasarkan setiap klik yang masuk ke website.
SEO atau Google Ads? Mana yang Lebih Baik?
Mungkin Anda bertanya, “Kalau begitu, manakah yang lebih efektif dan menguntungkan? SEO atau Google Ads?”
Singkat kata, keduanya dapat efektif dan menguntungkan. Apabila digunakan secara tepat.
Untuk penjelasan lebih detail, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan masing-masing metode.
Kelebihan SEO
Kelebihan utama SEO adalah GRATIS.
Website Anda dapat berada di peringkat atas tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Tambah lagi, website Anda bisa bertahan lama di halaman utama Google apabila konten Anda sesuai dan relevan.
Kekurangan SEO
Meskipun gratis, SEO juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:
- Membutuhkan waktu cukup lama, paling sedikit 90-180 hari.
- Halaman utama memiliki tingkat kompetisi yang cenderung tinggi.
- Membutuhkan effort yang tinggi untuk membuat konten berkualitas.
- Domain dengan usia baru cenderung lebih sulit untuk mendapat peringkat Google (dipengaruhi faktor Domain Authority)
- Posisi SEO biasanya berada di bawah posisi Google Ads dan Google Business.
Kekurangan Google Ads
Kelemahan utama Google Ads adalah berbayar.
Tidak tanggung-tanggung, bayaran Google Ads adalah per klik! Banyak orang yang takut beriklan di Google dengan alasan takut “boncos”.
Kelebihan Google Ads
- Cepat. Anda dapat memasuki halaman pertama Google hanya dalam hitungan menit atau jam.
- Isi konten dapat dibuat terfokus untuk konversi, berjualan / menawarkan produk. Berbeda dengan SEO yang cenderung perlu menggunakan konten informatif dan edukatif.
- Mudah melakukan testing, baik dari segi headline, deskripsi, maupun isi konten.
- Mudah melakukan targeting, dimana website dapat diatur untuk ditampilkan ke audiens dengan karakteristik yang tepat.
- Meskipun memilih keyword dengan tingkat kompetisi tinggi, website Anda tetap berpeluang untuk menduduki peringkat atas.
Jadi, lebih baik pilih SEO atau Google Ads?
Idealnya, gunakan keduanya. Google Ads untuk jangka pendek dan SEO untuk jangka panjang.
Untuk Anda yang memiliki website dengan usia domain kurang dari 1 tahun, Anda perlu lebih berfokus kepada Google Ads.
Google Ads dapat digunakan sebagai media efektif untuk mengenalkan brand, mendatangkan traffic dan mendapatkan customer.
Namun, jangan lupa juga untuk selalu membuat konten tertarget agar website Anda mendapat peringkat yang lebih baik di Search Engine.
Anda juga dapat menerapkan strategi SEO efektif untuk website baru yang kami bagikan pada artikel ini.
Penutup
Bagaimana dengan Anda?
Apakah Anda lebih menyukai SEO atau Google Ads?
Apakah Anda pernah menggunakan Google Ads untuk website Anda?
Silakan bagikan pengalaman dan pertanyaan Anda di kolom komentar.
8 komentar untuk “2 Metode Ampuh Meningkatkan Peringkat Website di Google”
Apa saja yg dapat menaikkan SEO kita selain Keyword?
Cukup banyak faktor lain yang dapat meningkatkan SEO, beberapa di antaranya: kualitas konten, reputasi website, dan backlink berkualitas
lagi belajar SEO nemu web ini sangat membantu untuk belajar lagi
Thanks, tetap semangat Pak
terimakasih ilmunya semoga, website saya bisa sukses!
matakita.id
Terima kasih kembali 🙂
bermanfaat ini
terima kasih mas sudah berbagi..bermanfaat sekali