Website murah?
Masyarakat cenderung menyukai barang murah.
Ya, jika kita dapat memperoleh sesuatu dengan murah mengapa harus membayar mahal? Bukankah begitu?
Tentunya kita pernah mendengar istilah “ada harga, ada kualitas”.
Hal ini sangat akurat, terutama untuk website.
Sayangnya, seringkali orang hanya memperhatikan harga sebagai faktor utama dalam memilih jasa pembuatan website.
“Oke, tapi bukankah sama-sama website? Bedanya apa?”
Mungkin ada yang berpikir seperti itu.
Kita tahu ada mobil murah, ada mobil mahal.
Ada baju murah, ada baju mahal.
Hal ini berlaku sama untuk website.
Ada website murah, ada juga website mahal.
4 Faktor Kualitas
Sebelum membeli website, kami sangat menyarankan Anda untuk memperhitungkan 4 faktor utama berikut sebelum Anda memperhitungkan faktor harga.
1. Support
Support merupakan faktor utama yang perlu Anda perhatikan.
Apa yang terjadi jika website mendadak “down” dan tidak dapat diakses?
Apa yang terjadi jika website Anda di-“hack”?
Untuk Anda yang kurang memahami IT dan teknikal, tentunya hal tersebut sangat mengerikan.
Anda akan perlu bantuan untuk menyelesaikannya.
Apa yang Anda perbuat jika ternyata Anda tidak mendapat support dari pembuat website Anda?
Well, Anda bisa meng-hire orang yang paham IT untuk membantu Anda atau Anda dapat membuat ulang website Anda.
Yes, kedua-duanya merupakan pilihan yang kurang menguntungkan buat Anda dan Anda harus mengeluarkan biaya kembali.
Hmm, jadinya murah atau mahal ya?
2. Performansi
Anda mencoba memasuki website rahasiaperusahaan.com (hanya nama fiksi) yang Anda ketahui dari seorang teman.
Anda menunggu, menunggu, dan menunggu.
Tidak terbuka.
Anda berpikir apakah koneksi internet Anda sedang mengalami gangguan.
Kemudian Anda mencoba membuka detik.com dan ternyata dapat terbuka secara sempurna dan cepat.
Anda kembali mencoba memasuki rahasiaperusahaan.com.
Tetap tidak terbuka!
Anda masih penasaran dan mencoba mengetik rahasiaperusahaan di Google.
Anda tidak menemukan website yang dimaksud.
Anda menyimpulkan bahwa website rahasiaperusahaan.com tidak eksis.
Jangan sampai kasus seperti itu menimpa website Anda.
Anda dapat membuat website yang sedemikian canggih dan bermanfaat, tapi semua itu akan sia-sia apabila website Anda membutuhkan waktu yang sangat lama untuk loading.
Anda tentunya juga paham bahwa Google menjadi pilihan utama dalam mencari website.
Tidak eksis di Google artinya sama saja dengan tidak eksis di dunia maya!
3. Kredibilitas
Masyarakat sering mendengar kabar kurang menyenangkan dari berbisnis secara online.
Penipuan, pencurian data pribadi merupakan hal yang cukup sering kita dengar dalam dunia bisnis online.
Hal tersebut berdampak pada masyarakat yang cenderung mengambil sikap berhati-hati sebelum mengambil keputusan.
That’s a good thing actually!
Di sini faktor kredibilitas memegang peranan sangat penting.
Orang perlu merasa yakin bahwa website Anda merupakan tempat yang aman dan terpercaya.
Manusia melihat dengan menggunakan mata, dengan kata lain mereka akan melihat desain.
Apakah desain web terlihat profesional dan terpercaya? Atau terkesan meragukan?
Pengunjung Anda akan berpikir berkali-kali untuk mempercayakan uangnya apabila website Anda terlihat berantakan dan tidak professional.
Mereka akan berpikir, “kok sepertinya kurang mantap ya?”
Remember, design is important!
Dari dua desain website di atas manakah yang lebih Anda percaya?
Alamat email juga menjadi hal yang mempengaruhi kredibilitas website Anda.
Bayangkan Anda sedang mengunjungi website jasa travel dengan nama Angkasa Pelangi (hanya nama fiksi).
Okay, sepertinya cukup meyakinkan.
Desainnya oke, testimonial pun banyak.
Anda hampir sangat yakin untuk membeli produk jasa di website tersebut.
Tiba-tiba Anda melihat email yang tertera di website Angkasa Pelangi, yaitu:
kontakangkasapelangi@gmail.com
What? Seketika Anda menjadi ragu dan mempertanyakan kembali kredibilitas dari company tersebut.
Yup, Angkasa Pelangi akan memenangkan kepercayaan Anda dengan sempurna apabila memakai email kontak@angkasapelangi.com
Case closed!
4. Fitur
Fitur merupakan faktor yang tidak kalah penting untuk website Anda.
Fitur sifatnya cukup beragam tergantung keperluan Anda.
Misalnya Anda membuat website online store.
Customer Anda perlu diberikan kemudahan dalam berbelanja dan memilih item.
Untuk itu, online store Anda perlu dilengkapi fitur berbelanja seperti : add to cart, checkout, dsb.
Jangan sampai online store Anda hanya sebatas menampilkan barang dan harga, sehingga apabila customer hendak membeli barang mereka harus menghubungi Anda secara manual, memberitahukan item dan quantity yang ingin dibeli secara manual pula.
Ingat Anda ingin online store bukan online catalogue!
Website adalah investasi
Kami memandang 4 faktor tersebut sebagai faktor utama kualitas.
Mengapa kami lebih menyarankan 4 faktor tersebut (support, performansi, kredibilitas, dan fitur) sebelum faktor harga?
Jawabannya, karena kita perlu memandang website sebagai sebuah investasi.
Dalam investasi kita mengenal istilah ROI (Return of Investment), yaitu tingkat pengembalian investasi.
Jika digunakan secara optimal, website adalah investasi dengan tingkat ROI yang sangat tinggi.
Bayangkan, Anda mempunyai suatu wadah / tools yang beroperasi 24 jam non-stop untuk membantu Anda dalam mencari customer, klien, maupun kegiatan lainnya yang menunjang goals Anda.
Bukankah sangat hebat?
Anda dapat proyeksikan
Berapa transaksi yang dapat Anda peroleh via website dalam setahun?
Berapa klien dan proyek yang dapat Anda peroleh via website dalam setahun?
Sekarang bandingkan profit tersebut dengan biaya pembuatan website per tahun.
Biaya yang Anda keluarkan untuk membuat website cenderung sangat kecil dibandingkan keuntungan yang dapat Anda peroleh.
Biaya pembuatan website jauh lebih murah berkali-kali lipat dibandingkan biaya gaji karyawan atau sewa tempat.
Kesimpulan
“Kalau begitu, sebaiknya saya membuat website yang murah atau mahal?”
Jawabannya simpel..
Harga boleh berkompromi, tapi jangan pernah mengorbankan kualitas.
Kualitas harus menjadi prioritas utama.
Apa yang terjadi jika Anda menggunakan website yang murah, namun tidak berkualitas?
Anda akan rugi besar, Anda melewatkan begitu banyak kesempatan untuk memperoleh keuntungan.
Website adalah kredibilitas Anda, “wajah” Anda di dunia maya.
Saat calon customer atau klien berkunjung ke website Anda, Anda mendapat potensi memperoleh keuntungan.
Tugas utama website Anda adalah mengubah potensi tersebut menjadi “nyata”.
Apabila Anda melewatkannya, kesempatan tersebut mungkin tidak akan pernah datang kembali.
Don’t miss the chance!
Penutup
Anda perlu memandang website sebagai aset Anda.
Apakah Anda akan memilih website yang murah tapi tidak terjamin?
Ataukah Anda akan memilih website yang lebih mahal, namun memiliki kualitas tinggi?
Bagikan pendapat Anda pada kolom komentar.