Masyarakat cenderung menyukai barang murah.
Ya, jika kita dapat memperoleh sesuatu dengan murah mengapa harus membayar mahal? Bukankah begitu?
Tentunya kita pernah mendengar istilah “ada harga, ada kualitas”. Hal ini sangat akurat, terutama untuk website.
Sayangnya, seringkali orang hanya memperhatikan harga sebagai faktor utama dalam memilih jasa pembuatan website.
“Oke, tapi bukankah sama-sama website? Bedanya apa?”
Mungkin ada yang berpikir seperti itu.
Kita tahu ada mobil murah, ada mobil mahal. Ada baju murah, ada baju mahal.
Hal ini berlaku sama untuk website. Ada website murah, ada juga website mahal.
Yang membedakan adalah kualitasnya.
4 Faktor Kualitas
Sebelum membeli website, kami sangat menyarankan Anda untuk memperhitungkan 4 faktor utama berikut sebelum Anda memperhitungkan faktor harga.
1. Support
Support merupakan faktor utama yang perlu Anda perhatikan.
Apa yang terjadi jika website mendadak down dan tidak dapat diakses?
Apa yang terjadi jika website Anda di-hack?
Untuk Anda yang kurang memahami IT dan teknikal, tentunya hal tersebut sangat mengerikan.
Anda akan perlu bantuan untuk menyelesaikannya.
Apa yang Anda perbuat jika ternyata Anda tidak mendapat support dari pembuat website Anda?
Well, Anda bisa meng-hire orang yang paham IT untuk membantu Anda atau Anda dapat membuat ulang website Anda.
Yes, kedua-duanya merupakan pilihan yang kurang menguntungkan buat Anda dan Anda harus mengeluarkan biaya kembali.
Hmm, jadinya murah atau mahal ya?
2. Performansi
Anda mencoba memasuki website rahasiaperusahaan.com (fiksi) yang Anda ketahui dari seorang teman.
Anda menunggu, menunggu, dan menunggu. Tidak terbuka.
Anda berpikir apakah koneksi internet Anda sedang mengalami gangguan.
Kemudian Anda mencoba membuka detik.com dan ternyata dapat terbuka secara sempurna dan cepat.
Anda kembali mencoba memasuki rahasiaperusahaan.com. Tetap tidak terbuka!
Anda menyimpulkan bahwa website rahasiaperusahaan.com tidak eksis.
Jangan sampai kasus seperti itu menimpa website Anda.
Anda dapat membuat website yang sedemikian canggih dan bermanfaat, tapi semua itu akan sia-sia apabila website Anda membutuhkan waktu yang sangat lama untuk loading.
3. Kredibilitas
Masyarakat sering mendengar kabar kurang menyenangkan dari berbisnis secara online.
Penipuan, pencurian data pribadi merupakan hal yang cukup sering kita dengar dalam dunia bisnis online.
Hal tersebut berdampak pada masyarakat yang cenderung mengambil sikap berhati-hati sebelum mengambil keputusan.
That’s a good thing actually!
Di sini faktor kredibilitas memegang peranan sangat penting.
Orang perlu merasa yakin bahwa website Anda merupakan tempat yang aman dan terpercaya.
Menurut penelitian dari Stanford, desain website berpengaruh secara signifikan terhadap kredibilitas online. Dengan kata lain, pengunjung Anda akan berpikir berkali-kali untuk memercayakan uangnya apabila website Anda terlihat berantakan dan tidak professional.
Remember, design is important!
4. Fitur
Fitur merupakan faktor yang tidak kalah penting untuk website Anda.
Banyak fitur yang tersedia, namun bukan berarti semuanya perlu digunakan. Kembali kepada kebutuhan Anda.
Misalnya, Anda ingin membuat website online store, maka customer Anda perlu diberikan kemudahan dalam berbelanja dan memilih item.
Untuk itu, online store Anda perlu dilengkapi fitur berbelanja seperti : add to cart, checkout, dsb.
Jangan sampai online store Anda hanya sebatas menampilkan barang dan harga, sehingga apabila customer hendak membeli barang mereka harus menghubungi Anda secara manual, memberitahukan item dan quantity yang ingin dibeli secara manual pula.
Baca juga: Fitur Wajib untuk Website Anda.
Website adalah investasi
Mengapa 4 faktor tersebut (support, performansi, kredibilitas, dan fitur) sangat penting dan bahkan perlu diperhatikan sebelum memperhitungkan faktor harga?
Jawabannya, karena website yang optimal dapat menjadi suatu investasi bisnis yang sangat berharga.
Dalam investasi kita mengenal istilah ROI (Return of Investment), yaitu tingkat pengembalian investasi. Jika digunakan secara optimal, website adalah investasi dengan tingkat ROI yang sangat tinggi.
Bayangkan, Anda mempunyai suatu wadah / tools yang beroperasi 24 jam non-stop untuk membantu Anda dalam mencari customer, klien, maupun kegiatan lainnya yang menunjang goals Anda.
Bukankah sangat hebat?
Baca juga: Perusahaan Anda Belum Punya Website? Anda Melewatkan 8 Keuntungan Ini.
Kesimpulan
“Kalau begitu, sebaiknya saya membuat website yang murah atau mahal?”
Jawabannya simpel. Harga boleh berkompromi, tapi jangan pernah mengorbankan kualitas.
Kualitas harus menjadi prioritas utama.
Apa yang terjadi jika Anda menggunakan website yang murah, namun tidak berkualitas? Anda akan rugi besar dan melewatkan begitu banyak kesempatan untuk memperoleh keuntungan.
Website adalah kredibilitas bisnis Anda, “wajah” Anda di dunia maya. Saat calon customer atau klien berkunjung ke website, Anda mendapat potensi memperoleh keuntungan.
Tugas utama website Anda adalah mengubah potensi tersebut menjadi “nyata”.
Apabila Anda melewatkannya, kesempatan tersebut akan hilang dan mungkin tidak akan pernah datang kembali.
Don’t miss the chance!