Anda ingin tahu apa manfaat website bagi perusahaan Anda?
Ada 8 manfaat utama yang bisa Anda dapatkan. Silakan baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.
#1: Muncul di peringkat atas Google untuk keyword nama perusahaan
Hai PT Bergerak Mencari Kesempatan, saya mau background check perusahaan kamu, tolong bantu donk.
Said no one ever. Mereka akan mencarinya sendiri di Google.
Pernahkah Anda mencoba mengetikkan nama perusahaan atau brand Anda di Google?
Apa hasil pencarian yang muncul? Apakah relevan dengan bisnis Anda?
Jika bisnis Anda tidak punya web, maka yang mungkin muncul adalah
- akun sosial media, marketplace, dsb
- nama perusahaan lain yang mirip
- hasil pencarian yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan perusahaan Anda
Bayangkan hasil pencarian tersebut muncul sewaktu prospek potensial mencari bisnis Anda di Google, apakah menurut Anda menguntungkan bagi perusahaan?
Bagaimana jika bisnis Anda memiliki web?
Asumsi website dirancang dengan tepat (SEO friendly), maka sangat mudah untuk mengamankan posisi teratas di Google dengan cepat.
Ketika informasi mengenai perusahaan Anda mudah ditemukan, maka reputasinya pun akan baik. Brand Anda akan dianggap eksis dan bisa dipercaya.
#2: Meningkatkan kredibilitas perusahaan
Perusahaan yang tidak memiliki kantor fisik cenderung dianggap kurang kredibel dan meragukan. Nah, website ini ibaratnya adalah kantor di dunia digital.
Di zaman sekarang, orang akan mencari informasi mengenai perusahaan Anda, sebelum memutuskan untuk datang ke lokasi atau menghubungi customer service.
Mereka akan menilai perusahaan Anda berdasarkan pesan dan kesan yang ditunjukkan pada website. Oleh karena itu, website menjadi tempat ideal untuk menampilkan informasi, prestasi, kredibilitas, dan track record perusahaan secara profesional.
Bonus poin jika website Anda dirancang dengan menarik. Peluang kerja sama akan meningkat seperti yang dialami oleh perusahaan ini, di mana baru berdiri 3 bulan sudah berhasil mendapatkan kesempatan untuk mendistribusikan produk hingga ke negara luar. Baca cerita singkatnya di sini.
Kehadiran website dapat memberikan kesan bahwa perusahaan Anda siap dan peduli dengan teknologi dan perkembangan zaman.
#3: Meningkatkan customer experience
Jika orang ingin mendapatkan informasi mengenai perusahaan Anda, apa yang perlu dilakukan?
Tanpa website, mereka perlu:
- mencari kontak perusahaan Anda dari internet atau kenalan (bisa saja kontak tersebut tidak akurat atau ter-update)
- menghubungi via telepon atau email
- menunggu respon dari karyawan Anda (bisa cepat atau lama tergantung dari jam kerja dan kesibukan)
Dengan website, maka mereka hanya perlu mengunjungi website perusahaan Anda dan segera mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Mana yang menurut Anda lebih simpel dan memudahkan? Tentu dengan website. Ini juga yang diharapkan oleh prospek Anda.
Dengan memudahkan proses ini, Anda memuluskan langkah prospek untuk bekerja sama dengan Anda. Win-win!
#4: Mempromosikan bisnis Anda 24 jam sehari dengan murah
Anda tidak mungkin punya karyawan yang rela bekerja 24 jam sehari untuk mempromosikan bisnis Anda.
Alasannya karena karyawan Anda manusia, bukanlah robot.
Namun tidak perlu kecewa, karena website dapat menjalankan peran tersebut dengan baik.
Hebatnya website tidak perlu dibayar mahal. Tidak pernah komplain dan juga tidak butuh cuti.
#5: Sumber informasi yang terpercaya
Misalnya perusahaan Anda ingin menyampaikan suatu informasi penting, maka tempat terbaik untuk membagikannya adalah di web official.
Tentu Anda bisa menggunakan media lain (seperti: media sosial) untuk membantu menyebarkan pesan, tapi dengan mengumumkannya di website, pesan akan terkesan lebih resmi, serius, dan terpercaya.
Bonus tips
Jika informasi yang ingin disampaikan sangatlah penting, maka Anda dapat menggunakan pop-up.
#6: Arsip informasi
Jika perusahaan Anda sudah berdiri cukup lama, pasti ada banyak informasi dan berita yang dimiliki. Indah sekali jika informasi sebanyak itu tersimpan dengan rapi dan dapat dicari dengan mudah kapan pun dibutuhkan.
Ada kok tempat seperti itu, tebak di mana? Benar, di website.
Website dapat dimanfaatkan sebagai media penyimpanan informasi (bisa bersifat publik atau privat) yang mudah dicari menggunakan fitur search dan terklasifikasi berdasarkan kategori.
Bonus poin untuk informasi yang bersifat publik, semakin banyak konten website yang di-publish, maka peluang muncul di Google juga semakin besar.
Artinya kredibilitas perusahaan semakin tinggi. Nice!
#7: Menampilan konten dengan berbagai macam format
Ketika Anda menggunakan Instagram, maka konten yang diharapkan adalah foto dan video. Ketika memakai Twitter (sekarang X), maka kontennya berupa tulisan pendek.
Singkatnya, setiap platform mempunyai format tertentu dan konten Anda harus menyesuaikannya.
Dengan menggunakan web, semua jenis konten dapat ditampikan. Misalnya, hari ini Anda ingin menampilkan konten berupa tulisan dan gambar, besok dokumen PDF, lusa video dan audio. Semuanya bisa.
Ya, sefleksibel itu.
#8: Audiens adalah milik Anda
Jika Anda ingin menggunakan suatu platform, maka syaratnya harus tunduk dan terikat oleh platform tersebut. Dan berdasarkan sejarah, tidak ada platform yang bertahan selamanya.
Saat suatu platform kehilangan popularitasnya, maka audiens Anda di platform tersebut pun terpaksa bubar.
Misalnya, perusahaan Anda menghabiskan banyak waktu dan biaya marketing untuk membangun audiens di Twitter. Ternyata muncul Threads dan banyak pengguna beralih ke platform tersebut.
Apakah Anda bisa memindahkan audiens dari Twitter ke Threads dengan sistem export import? Tidak.
Anda perlu mengeluarkan uang dan tenaga (lagi) untuk membangun audiens kembali di platform berbeda.
Di masa depan pasti akan terus bermunculan platform baru, bayangkan proses membangun audiens ini bisa terjadi berkali-kali. Sangat melelahkan.
Solusinya bagaimana?
Bangun audiens Anda di website. Cukup membangun sekali dan Anda dapat merasakan audiens terakumulasi seiring waktu berjalan.
Your website your rule.
Penutup
Sebetulnya masih ada berbagai keuntungan lain yang dapat website berikan untuk bisnis kita.
Namun kita jangan memandang website sebagai gimmick, melainkan sebagai suatu tools, di mana semakin pandai kita menggunakan tools tersebut maka semakin tinggi juga benefit yang dapat diperoleh.
Apakah perusahaan Anda sudah memiliki website? Dan jika sudah apakah berhasil dimanfaatkan dengan baik? Silakan bagikan pendapat Anda pada kolom komentar.
Baca juga: Konten Ini akan Membuat Website Anda Lebih Menarik dan Berkesan.
9 komentar untuk “8 Manfaat Website Bagi Perusahaan: Jangan Sampai Anda Lewatkan”
salam , mahal nggak buat web
Bapak bisa lihat informasi mengenai biaya pembuatan website di artikel ini
Sy seorang graphic designer t shirt dan lain lain. Ingin memasarkan design2 sy kepublik dengan ketebatasan pemasaran. Bisakah Web pribadi bukan perusahaan. Agar sy mendapatkan penghasilan dr design2 saya. Karena sy sdh tak kerja.
Sy seorang wiraswasta, bergerak dibidang pertambakan udang windu 21 hektar jadi 2petak.. kebun yg saat ini MSI aktif, tetapi keuangan sy sangat2 terbatas… Intinya sy ingin membangun kembali pekerjaan sy
Tetap semangat ya Pak
saya bergerak dalam bidang jasa tepatnya English Camp..dengan suasana Argo wisata diciteureup bogor..semoga tambah berkah.
sy tertarik dg website,tp ingin belajar jualan online, apakah perlu website
saya ingin memanfaatkan website untuk Organisasi profesi
saya mau memiliki website sendiri tapi tidak tahu caranya