Ingin bisnis Anda semakin tumbuh dan berkembang?
Cara paling sederhana dan straightforward adalah dengan mendapatkan customer lebih banyak. Sederhana tapi tidak mudah.
Untungnya ada satu elemen yang dapat membantu meringankan tugas Anda, yaitu review customer.
Artikel kali ini akan membahas bagaimana mendapatkan banyak review customer agar memberikan manfaat positif untuk bisnis Anda.
Bagaimana review customer dapat membantu bisnis Anda?
Seberapa penting review customer untuk bisnis kita? Apakah sepadan dengan effort yang perlu dikeluarkan?
Dari suatu survey online yang dilakukan pada tahun 2017, diinformasikan bahwa:
- 93% responden berpendapat bahwa online review memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
- 82% dari pembeli mengatakan bahwa konten review meyakinkan mereka untuk melakukan transaksi.
Dapat kita simpulkan bahwa review customer sangatlah powerful dan jika dimanfaatkan dengan baik dapat menjadi aset bisnis yang sangat berharga.
8 Cara untuk Mendatangkan Review Positif ke Bisnis Anda
Tapi mengapa tidak semua bisnis rajin mengumpulkan review?
Tidak jarang kita melihat bisnis yang sudah established, namun jumlah review-nya cenderung masih minim.
Alasan utamanya biasanya karena sulit mendapatkan review.
Memang kita tidak dapat memaksa customer untuk memberikan review, tapi setidaknya kita dapat meng-influence mereka.
Berikut adalah 8 cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh review.
#1: Berikan customer experience yang baik
Tentu review yang kita ingin dapatkan bukan sekedar review saja, melainkan review positif.
Jika kita ingin mendapatkan review positif, maka customer harus memiliki pengalaman yang menyenangkan terhadap bisnis kita.
Bagaimana caranya?
Dengan memahami apa yang menjadi kebutuhan dan ekspektasi customer, kemudian memenuhinya dengan baik.
Ketika mereka senang dengan produk dan layanan yang diterima, maka untuk mendapatkan review positif akan jauh lebih mudah.
#2: Mintalah review dengan sopan dan jelas
Setelah berhasil menyenangkan hati customer, selanjutnya kita perlu meminta mereka untuk memberikan review.
Oke, mungkin terdengar sangat obvious ya tips ini.
Tapi kenyataannya masih banyak bisnis yang enggan meminta review ke customer.
Mungkin alasannya sungkan.
Mungkin ada juga yang berpikir, kalau customer happy nanti mereka akan me-review dengan sendirinya.
Ini cara berpikir yang kurang tepat.
Tidak semua orang memiliki kebiasaan memberikan review. Jika terpikirkan saja tidak, bagaimana mungkin mereka akan memberikan review?
Mintalah secara sopan, jelas, to the point. Jangan ambigu dan tidak perlu pakai sinyal halus.
#3: Mintalah review di momen yang tepat
Momen atau waktu saat meminta review juga penting.
“Suhunya” harus pas. Maksudnya seperti ini.
Jika kita meminta review terlalu cepat, saat project baru saja selesai (terlalu “panas”), mungkin customer akan berpikir “Oke sejauh ini bagus, tapi gak tahu nantinya gimana. Saya belum bisa ngomong sekarang.”
Tapi jika terlalu lama, mungkin juga keburu “dingin” dan customer merasa tidak termotivasi untuk memberikan review.
Memang cukup tricky, momen yang pas ini dapat berbeda-beda tergantung kondisi customer dan juga bisnis Anda.
Namun biasanya momen yang tepat untuk meminta review adalah saat mood customer sedang baik.
Jika Anda menjual produk mewah atau yang bersifat hiburan (misalnya: home theater), mungkin momen terbaik adalah saat customer mendapatkan barang, mencobanya, dan merasa excited.
Jika Anda menjual produk fungsional (misalnya: laptop), mungkin Anda harus memberikan sedikit waktu untuk mereka melakukan uji coba terlebih dahulu.
Silakan sesuaikan dengan kondisi dan jangan lupa untuk bereksperimen.
#4: Mudahkan proses memberikan review
Banyak customer yang tidak ingin memberikan review karena merasa ini seperti pekerjaan tambahan. Khususnya untuk customer yang memang sangat sibuk.
Yang dapat kita upayakan adalah memudahkan pekerjaan mereka.
Contoh:
Jika Anda ingin meminta Google Review, maka berikan link ke customer untuk memudahkan.
Berikan juga contoh, gambaran, atau struktur yang jelas, sehingga mereka tidak perlu berpikir banyak saat ingin menulis review.
Intinya, kita perlu membuat proses memberikan review semudah mungkin.
#5: Mintalah review di lain kesempatan
Bagaimana jika Anda sudah melakukan semua cara di atas, tapi customer tetap tidak memberikan review?
Jangan putus asa.
Kadang tidak semua orang mau memberikan review di awal, karena merasa tidak ingin terlalu cepat memberikan kesimpulan.
Yang perlu Anda lakukan adalah menghormati keputusan customer.
Tetap lakukan tugas dengan benar, yaitu melayani mereka sebaik mungkin. Dan ingatkan bahwa kapanpun mereka membutuhkan bantuan, Anda akan selalu siap membantu.
Di masa depan, mungkin saja akan terjadi interaksi kembali.
Mungkin si customer akan meminta bantuan atau melakukan repeat order.
Saat kesempatan itu datang, kembali berikan pelayanan yang maksimal dan buat customer semakin senang.
Lanjutkan dengan meminta review kembali.
Dengan begitu kemungkinan Anda mendapat review akan semakin bertambah, karena kepuasan mereka sudah lebih “teruji”.
#6: Respon semua review dengan baik
Mungkin bisnis Anda sudah pernah mendapatkan beberapa Google Review tapi tidak ada respon dari Anda sebagai pemilik bisnis?
Ini perlu segera diperbaiki, karena customer Anda berikutnya akan melihatnya.
Jika customer tahu review yang ditulis dengan susah payah akan dibiarkan begitu saja, pasti mereka merasa malas saat Anda memintanya.
Pastikan Anda menjawab setiap review dengan respon yang menyenangkan.
Berterimakasihlah kepada review yang sudah diberikan dan tunjukanlah bahwa apa yang mereka lakukan sangat berarti untuk bisnis Anda.
Dengan begitu, customer yang berniat memberikan review akan menjadi lebih tertarik untuk menulisnya.
Dan kemungkinan mereka juga akan menulisnya dengan lebih sungguh-sungguh.
#7: Berikan insentif kepada customer
Bagaimana jika customer tidak menganggap menulis review ini suatu pekerjaan, melainkan kesempatan untuk mendapatkan bonus atau benefit tambahan?
Besar kemungkinan mereka akan lebih termotivasi.
Sayangnya cara ini tidak dapat dilakukan pada Google Review, karena berdasarkan policy, suatu bisnis dilarang meminta review dengan menjanjikan imbalan.
Cara menjanjikan insentif ini dapat Anda gunakan di channel lain, misalnya sosial media.
#8: Tugaskan ke PIC khusus
Jika Anda menganggap review customer penting dan dapat berpengaruh signifikan terhadap bisnis Anda, maka kegiatan ini perlu dilakukan dengan konsisten.
Jika perlu, jadikan sebagai proses standar di perusahaan / bisnis Anda.
Saat review masih sedikit, memang dampak positif-nya tidak akan begitu terasa.
Tapi setelah terkumpul cukup banyak, review akan memudahkan Anda dalam meyakinkan customer. Bahkan customer akan berdatangan dengan sendirinya.
Yang dapat Anda upayakan adalah dengan menugaskan satu orang khusus (PIC) agar dapat melakukan pendekatan lebih personal dalam meminta review dan menjawab review.
Memanfaatkan Review
Setelah bersusah payah mengumpulkan review, tentu Anda ingin dampak positif-nya dapat segera terasa.
Oleh karena itu, review ini perlu “dipasang” di berbagai tempat, seperti:
- website
- profile picture (WhatsApp atau media sosial)
- company profile
- dsb.
Tempatkan review di berbagai media yang mudah dilihat / diakses prospek bisnis Anda.
Kesimpulan
Semoga tips dan cara yang disampaikan di artikel kali ini dapat membantu Anda untuk memperoleh review customer yang positif dan banyak.
Apakah Anda mempunyai cara efektif yang belum dibahas pada artikel ini? Silakan disampaikan pada kolom komentar ya.