Tidak semua website memiliki kualitas sama.
Salah satu faktor penting yang menentukan kualitas dari website adalah fitur.
Fitur yang tepat akan membuat website Anda produktif dan mampu mencapai goal yang diinginkan.
Tentu saja fitur sangat dipengaruhi oleh tujuan dan jenis dari website yang dibuat.
Pada post ini, Imajiner akan membahas fitur-fitur apa sajakah yang harus Anda miliki beserta fitur yang bersifat tidak wajib tapi bermanfaat.
Fitur website yang bersifat wajib
Apapun jenis website Anda, fitur-fitur ini akan sangat bermanfaat dan sangat disarankan bagi Anda untuk memilikinya.
#1: Hero Banner
Menurut penelitian, manusia di zaman modern hanya memiliki attention span selama 8 detik.
Artinya, apabila website gagal menarik perhatian pengunjung dalam waktu singkat, mereka akan segera meninggalkan web Anda.
Bagaimana cara menarik perhatian mereka dengan cepat? Inilah tugas dari fitur hero banner.
Hero banner dapat berupa gambar statis, slide, ataupun video.
Apa pun bentuknya, tujuannya sama, yaitu membuat audiens tertarik untuk mengeksplorasi website Anda lebih lanjut.
Ingin tahu lebih lanjut mengenai hero? Silahkan mengunjungi artikel Mengenal Hero pada Website: Definisi, Peran, dan Cara Mengoptimalkannya.
#2: Mobile responsive
Dulu untuk mengakses internet, orang menggunakan komputer, laptop, atau tablet.
Namun zaman sudah bergeser, kini mayoritas orang mengakses internet dengan menggunakan Smartphone.
Seberapa signifikan? Pada tahun 2017 tercatat 52% dari seluruh akses internet diakses melalui Smartphone.
Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat.
Tentu kita tahu bahwa ukuran layar desktop berbeda dengan layar Smartphone dan berbeda pula dengan layar tablet.
Website yang baik akan menyesuaikan tampilan di segala macam device.
Jangan minta pengunjung Anda yang menyesuaikan diri, karena mereka tanpa sungkan akan segera meninggalkan web Anda dan beralih ke kompetitor.
Contoh website responsive pada tampilan desktop dan tablet
#3: Chat
Dengan membuat website, kita berharap akan banyak pengunjung yang datang dan tertarik dengan produk / jasa yang ditawarkan.
Sebelum terjadi transaksi, perlu ada interaksi lebih lanjut antara customer dengan representative dari bisnis Anda. Misalnya: diskusi seputar harga, spesifikasi, garansi pembelian, ataupun informasi lainnya yang belum terdapat pada website Anda.
Website Anda perlu mempermudah proses ini.
Jangan sampai pengunjung dipersulit dengan harus copy paste no. handphone yang tertera, kemudian perlu menghubungi secara manual.
One click is all that they need.
Gunakan fitur Live Chat atau WhatsApp Chat untuk mempermudah terjadinya interaksi ini.
Jika Anda ingin tahu mana fitur chat yang sesuai, silakan membaca artikel ini: LiveChat vs WhatsApp: Mana Fitur Chat yang Cocok untuk Website Anda
#4: Analytical Tool
Berapa banyak pengunjung website Anda per harinya?
Dari manakah pengunjung Anda berasal?
Berapa lama waktu yang mereka habiskan di website Anda?
Berapa banyak halaman yang mereka kunjungi? Halaman apa saja?
Dengan memiliki tool analisa yang baik, semua pertanyaan tersebut dapat terjawab.
Gunanya buat apa?
Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda dapat mengatur strategi untuk meningkatkan pengunjung baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
Tentu saja hal tersebut akan memberikan dampak positif untuk Anda.
Anda dapat menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan profit Anda.
Tool yang Imajiner sarankan untuk analisis adalah Google Analytics.
Source : shivarweb.com
#5: Search Engine Optimization (SEO)
Google tetap menjadi pilihan no 1 dalam mencari solusi di internet.
Pada 2018 tercatat, terdapat 63.000 pencarian Google per detiknya.
Apa yang terjadi apabila website Anda mampu bertengger di halaman pertama Google?
Website Anda akan kedatangan pengunjung.
Bagaimana jika website Anda bertengger di halaman 100 Google atau bahkan tidak masuk Google sama sekali?
Hampir tidak mungkin Anda kedatangan pengunjung.
SEO merupakan topik yang sangat kompleks dan dinamis.
Tapi setidaknya website Anda harus SEO friendly untuk memudahkan Google dalam menemukan web Anda.
Apabila Anda menggunakan website WordPress, maka proses SEO ini akan cukup mudah, karena WordPress secara default sudah dirancang agar SEO Friendly.
Selain itu, Anda dapat meng-install plugin SEO, seperti: RankMath, Yoast, The SEO Framework, dsb., untuk memberikan beberapa benefit tambahan.
Proses SEO juga perlu dimonitor secara berkala, untuk mengetahui performansi website di Search Engine. Tools yang dapat digunakan untuk proses ini adalah Google Search Console.
Baca juga: 4 Strategi SEO yang Efektif untuk Website Baru.
#6: Blog
Apabila Anda menjual produk atau jasa, tentu Anda paham betapa pentingnya menjalin hubungan dengan audiens Anda.
Salah satu media yang dapat Anda gunakan adalah Blog.
Dengan blog, Anda dapat berbagi cerita mengenai brand Anda. Ceritakan bagaimana produk atau layanan Anda dapat membantu audiens Anda.
Selain dapat mengedukasi, pengunjung juga akan merasa bahwa Anda peduli dengan mereka dan tidak semata-mata hanya mementingkan profit saja.
Blogging secara rutin akan menjadi daya tarik untuk membuat audiens rajin mengunjungi website Anda. Selain itu, blog juga dapat membantu meningkatkan SEO website Anda.
Baca juga: Konten Ini akan Membuat Website Perusahaan Anda Lebih Menarik dan Berkesan.
#7: Secure Socket Layers (SSL)
SSL berfungsi untuk melindungi koneksi data pengunjung dan informasi lainnya yang bersifat sensitif, seperti data identitas customer dan informasi kartu kredit.
Dengan SSL, Anda memberi keamanan lebih kepada pengunjung.
Fitur yang satu ini sudah menjadi kewajiban untuk dimiliki semua website di zaman modern.
Jika website Anda tidak dilengkapi SSL, maka bersiaplah menerima hukuman dari Google
Website Anda akan dijuluki “Not secure”
Not good for you.
#8: Caching
Kecepatan website menjadi faktor yang sangat penting untuk mendapatkan kepuasan pengunjung.
Bahkan keterlambatan 1 detik saja dapat mengurangi pengunjung hingga 7%
Tentu saja kita tidak ingin penunjung pergi sebelum melihat website dan penawaran yang sudah dirancang dengan susah payah.
Bagaimana cara meningkatkan speed website?
Salah satunya dengan menggunakan caching.
Cache dapat meningkatkan kecepatan website Anda hingga 300%.
#9: Security
Apakah Anda pernah mendengar informasi mengenai situs terkenal yang di-hack?
Tentu berita tersebut segera menjadi viral, penanggung jawab website pun menanggung malu akibat kejadian tersebut.
Memang ada hacker di dunia yang luar biasa canggih dan mampu menerobos keamanan sekuat apapun.
Kita tidak berharap website kebal 100%, tapi setidaknya kita akan meminimalisir resiko dari serangan hacker biasa.
Untuk itu, website Anda wajib diberi perlindungan ekstra.
#10: Anti-Spam
Apakah Anda pernah melihat akun Instagram popular yang dibanjiri komen tidak penting bersifat promosi?
Komen tersebut sangatlah mengganggu dan sama sekali tidak menguntungkan pemilik akun.
Jangan sampai hal tersebut menimpa website Anda.
Gunakan fitur Anti-Spam untuk melindungi website dari komen yang merusak dan mengganggu website Anda.
Your audience will be thankful.
#11: Backup Data
Website Anda bekerja dengan baik, Anda pun puas dengan hasil yang didapatkan.
Namun, suatu hari mendadak website Anda tidak dapat diakses! What’s wrong?
Mungkin terjadi kesalahan sistem atau kesalahan lain yang menyebabkan data Anda hilang.
Tentu akan sangat merepotkan dan memakan waktu serta biaya apabila Anda memulai kembali semuanya dari NOL. Bayangkan berapa kerugian yang timbul dari masalah ini.
Bagaimana cara menghindari atau setidaknya meminimalisir masalah ini? Anda wajib punya backup data.
Dengan backup data, Anda dapat mengembalikan website Anda secara semula dengan cepat saat terjadi masalah.
Pastikan website Anda dilengkapi fitur auto-backup data.
#12: Content Management System (CMS)
Jika ingin website Anda tetap relevan dan disukai oleh pengunjung, maka konten pada website Anda perlu diupdate secara berkala.
Harus ngoding setiap kali Bos minta update dan pos berita di website? Hahahaha, no thanks.
Content management system pada website akan membantu proses mengupdate konten menjadi mudah. Tidak perlu berhubungan dengan hal teknis.
You are welcome.
Fitur wajib untuk e-commerce
Apakah website Anda merupakan toko online atau e-commerce yang menjual produk ke end user?
Jika ya jawabannya, maka selain fitur-fitur yang sudah dijelaskan di atas, web e-commerce Anda juga wajib dilengkapi fitur ini.
Fitur e-commerce #1: Add to Cart
Untuk website e-commerce, fitur add to cart sifatnya wajib.
Tanpa fitur ini website Anda bukanlah e-commerce, melainkan website katalog untuk menampilkan produk saja.
Fitur add to cart sangat memudahkan pengunjung untuk melakukan pembelian di website Anda.
Fitur e-commerce #2: Perhitungan Ongkos Kirim
Saat melakukan checkout, pembeli ingin angka yang tertera di website adalah harga total yang harus dibayarkan, tanpa adanya biaya tambahan lain.
Jika Anda menggunakan ekspedisi dalam mengirim barang, pasti ada biaya pengiriman yang perlu diperhitungkan.
Nah, jika biaya ini perlu dibebankan ke customer, maka biaya tersebut harus dimasukkan ke dalam harga total saat checkout. Dan akan lebih baik, jika pembeli diberikan beberapa opsi ekspedisi pengiriman.
Fitur e-commerce #3: Payment Gateway
Apa yang perlu Anda lakukan terhadap pembeli yang berniat membeli produk Anda?
Jangan buat sistem pembayaran yang merepotkan atau bisa jadi prospek malah beralih ke kompetitor.
Solusinya adalah fitur Payment Gateway.
Payment Gateway merupakan sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau pembayaran langsung lainnya, seperti direct debit (BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, dan e-Pay BRI) dan e-wallet (TCASH dan XL Tunai).
Sistem enkripsi data nomor kartu yang dilakukan payment processor menjamin bahwa transaksi Anda aman dan nyaman untuk dilakukan.
Contoh layanan Payment Gateway di Indonesia : Midtrans, Doku, iPaymu
Fitur tambahan yang bermanfaat
Selanjutnya mari kita bahas beberapa fitur yang bersifat tidak wajib, tapi cukup bermanfaat.
Fitur ini bersifat opsional dan perlu disesuaikan dengan preferensi website yang diinginkan.
Fitur tambahan #1: Meta Pixel
Pernahkah Anda tertarik untuk beriklan di Facebook dan Instagram?
Jika iya, maka Anda akan disarankan untuk memasang Meta Pixel pada website Anda.
Dengan menggunakan Meta Pixel, Anda dapat mengetahui iklan mana yang paling menguntungkan, melakukan retargeting, dan meminta Facebook untuk menarget audiens yang mempunyai perilaku mirip dengan customer Anda (lookalike audience)
Fitur tambahan #2: Email Subscribe
Banyak brand yang menggunakan email marketing sebagai kegiatan marketing andalan.
Jika Anda juga menggunakan email marketing, maka Anda akan memerlukan fitur email subscribe.
Dengan fitur email subscribe, pengunjung dapat memasukkan alamat email untuk mendapat update berita dari website Anda.
Setelah pengunjung mendaftarkan emailnya, Anda dapat mengirimkan email kepada list subscriber Anda kapanpun Anda mau.
Fitur tambahan #3: Push Notification
Push Notification merupakan inovasi retargeting yang sangat praktis.
Setiap pengunjung masuk ke website Anda, akan muncul permintaan ijin untuk mengirimkan notifikasi. Jika pengunjung mengijinkan, Anda dapat mengirimkan notifikasi di device audiens Anda, kapanpun Anda mau.
Ini jauh lebih memudahkan Anda dibandingkan harus mengumpulkan email list.
Fitur tambahan #4: Content Delivery Network (CDN)
CDN sangat berguna apabila website Anda ditargetkan untuk mendapatkan pengunjung hingga luar negeri.
Misalnya server Anda terletak di Singapore, apabila website Anda diakses dari America, website Anda akan mengalami keterlambatan akses karena jauhnya jarak antara server dengan peminta data.
Untuk mengurangi jarak antara peminta data dengan server, CDN menyimpan konten website (dalam versi cache) di berbagai belahan dunia.
Hasilnya adalah website yang dapat diakses secara lebih cepat dari berbagai penjuru bumi.
Fitur tambahan #5: Translation
Jika website Anda ditujukan untuk pengunjung di Indonesia, maka website Anda perlu menggunakan Bahasa Indonesia.
Surprise? Tentu tidak.
Namun bagaimana jika website Anda ditujukan untuk audiens Indonesia dan juga internasional? Apakah harus menggunakan Bahasa Indonesia? Ataukah English?
Untungnya Anda bisa memilih keduanya, inilah kegunaan dari fitur translation. Dengan adanya fitur ini, jangkauan website Anda semakin luas dan dapat melayani pengunjung sebaik mungkin.
Selain itu, fitur translation juga sangat penting apabila Anda ingin website memiliki peringkat Google yang baik secara mancanegara.
Fitur tambahan #6: Social sharing
Kita hidup di zaman social media. Hampir semua orang memiliki akun social media, termasuk Anda.
Benar kan?
Jika Anda ingin mendapatkan pengunjung yang banyak, social media dapat menjadi salah satu sumber yang terbaik.
Apa yang terjadi jika ada seorang pengunjung menyukai website Anda dan kemudian memberitahukan temannya?
Kemungkinan si teman tersebut juga akan membuka website Anda.
Bagaimana jika si teman itu juga ternyata memberitahukan teman-temannya yang lain?
Boom, website Anda mendadak kebanjran pengunjung.
Oleh karena itu, sangat penting apabila website Anda dilengkapi fitur social sharing.
Social sharing merupakan suatu tombol yang memudahkan pengunjung untuk men-share konten dari website Anda dengan sekali klik.
Hopefully, Anda mendapat traffic dari share tersebut.
Fitur tambahan #7: Social Media Feeds
Jika perusahaan / bisnis / organisasi Anda memiliki media sosial yang aktif, maka Anda dapat memanfaatkannya dengan fitur Social Media Feeds.
Fitur ini akan menampilkan feeds sosial media Anda secara otomatis dan akan ter-sinkron secara berkala tanpa perlu diupdate manual.
Tentu akan sangat membantu karena website Anda akan terlihat menarik, bahkan pengunjung juga akan tertarik untuk mengunjungi sosial media Anda.
Fitur tambahan #8: Social Connection
Masih ada hubungannya dengan social media.
Mungkin Anda punya social media khusus untuk bisnis / brand Anda?
Anda dapat menghubungkannya dengan website Anda.
Social connection akan membantu pengunjung website Anda untuk menemukan akun social media Anda.
Anda dapat mengajak audiens untuk melakukan like atau follow social media Anda.
Kesimpulan
Apakah semakin banyak fitur artinya website semakin berkualitas? Belum tentu.
Yang perlu ditekankan adalah tepat atau tidaknya fitur tersebut di website Anda.
Pastikan fitur wajib Anda miliki di website Anda.
Pertimbangkan fitur bermanfaat yang mungkin cocok untuk Anda.
Apakah website Anda sudah dilengkapi fitur wajib? Fitur manakah yang menurut Anda paling penting?
Silakan bagikan pendapat Anda pada kolom komentar.
2 komentar untuk “12 Fitur Wajib untuk Website Anda”
apa saya bisa membuat website untuk portal berita
Halo, tentu saja bisa.
Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut ya.